Now Reading
Bisakah mengurus sim hilang di sim keliiling jawabannya tidak, bawa ke tempat ini

Bisakah mengurus sim hilang di sim keliiling jawabannya tidak, bawa ke tempat ini

Kehilangan SIM bisa saja terjadi baik karena lalai atau kecopetan. Namun meski demikian anda harus segera mengurus sim hilang ke pihak berwajib, hal ini dikarenakan mengingat pentingnya sim sebagai syarat kelengkapan berkendara.  Pengurusannya cukup mudah bila kehilangan SIM, buatkan laporan kehilangan terlebih dahulu di Polsek terdekat. Namun ternyata sim tidak bisa diurus di layanan sim keliling.

Warga harus mengurusnya langsung di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM. Setiap warga yang telah kehilangan SIM tidak bisa datang ke layanan sim keliling maupun SIM Corner. Hal ini dikarenakan arsipnya dicari dulu dan penempatan arsip ada di Satpas. Warga yang kehilangan SIM dan ingin mengurusnya, harus melakukan prosedur pembuatan di Satpas SIM dengan membawa surat laporan kehilangan.

Mengurus sim hilang di satpas

Untuk syarat pengurusan sim yang hilang anda harus memiliki surat kehilangan, copy SIM, dan surat kesehatan. Tes kesehatan akan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000 dan memberi copy KTP,  nati anda akan diberi sebuah formulir yang tidak perlu diisi sendiri. Formulir itu harus dibawa ke ruang sebelah loket untuk menjalani tes kesehatan.setelah tes kesehatan anda diwajibkan mengisi formulir selanjutnya. anda harus membayar biaya pembuatan SIM sebesar Rp 75.000 (dianggap biaya perpanjangan karena SIM saya hilang, bukan prosedur pembuatan sim baru). Setelah membayar biaya perpanjangan SIM, saya masih harus ke loket lainnya untuk membayar asuransi. Biaya asuransi sebesar Rp 30.000 berlaku selama lima tahun atau sesuai dengan masa berlaku SIM. Pengendara motor yang kecelakaan hingga masuk rumah sakit atau meninggal akan mendapatkan asuransi sebesar Rp 2.000.000 (saja).

Tidak bisa mengurus sim hilang di sim keliling

Pada kasus kehilangan ini formulir yang harus diisi dengan data-data annda. Dan mengonfirmasi data lama anda masih tersimpan pada database mereka. Kalau data sudah tidak ada berarti saya harus membuat SIM dari awal dengan mengikuti tes lagi.
Namun apabila data anda aman anda cukup mengisi formulir untuk seterusnya melakukan sidik jari.

See Also

Setelah melakukan sidik jari sebagai proses tahap akhir anda akan berfoto untuk sim anda. Setelahnya anda hanya tinggal menunggu proses percentakan dan nama anda dipanggil oleh petugas. Pengurusan memang terkesan ribet, namun ketika anda sudah memiliki berkas yang diperlukan dan tahap-tahap yang harus dilakukan hal tersebut akan sangat mudah.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.