Now Reading
Tips Olahraga Saat Puasa, Badan Sehat Ibadah Lancar

Tips Olahraga Saat Puasa, Badan Sehat Ibadah Lancar

Teknologi sudah mengambil alih sebagian aktivitas manusia. Pada akhirnya, hal itu pun membuat sebagian besar manusia malas untuk bergerak.

Melihat kondisi tersebut, nilai olahraga sebagai kebutuhan dirasa semakin penting. Apalagi jika Anda adalah tipe pekerja yang lebih banyak diam di tempat dan banyak menatap layar kaca.

Permasalahannya, saat ini sedang bulan puasa. Sedangkan tubuh tentu terasa terlalu lemas untuk menambah aktivitas. Lalu, bagaimana langkahnya untuk tetap menjalani olahraga saat puasa?

Tak perlu bingung. Berikut adalah solusi berupa tips olahraga saat puasa yang bisa kamu terapkan di rumah. Rasakan sendiri, puasa bukanlah halangan bagi kita untuk mendapatkan tubuh sehat dan segar.

Lebih banyak gerak, lebih banyak energi

Bagaimanapun, tentu tubuh membutuhkan energi lebih banyak, jika kamu memiliki aktivitas lebih banyak. Itu adalah logika sederhana. Oleh karena itu, jika kamu ingin tetap berolahraga saat puasa, penting untuk memperhatikan asupan makanan.

Disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, serat dan mineral yang cukup. Selain itu, jangan lupa minum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Jangan sampai niat baik untuk berolahraga malah membuatmu batal puasa.

Pahami Kemampuan tubuh

Setiap orang memiliki jenis tubuh dan aktivitas yang berbeda. Oleh karena itu, porsi olahraganya pun juga pasti berbeda. Hal ini tergantung pada kebiasaan dan tingkat kebugaran setiap orang.

Olahraga ringan

Yang terpenting untuk menjalani olahraga saat puasa adalah memastikan tubuh masih memiliki sisa energi setelah olahraga. Jangan sampai olahraga membuatmu merasakan pusing, bahkan pingsan.

See Also

Menentukan waktu untuk olahraga saat puasa

Tak jadi soal besar untuk menjalani olahraga sebelum atau sesudah buka puasa. Anjuran paling umum adalah olahraga saat sore hari, 30-60 menit menjelang berbuka puasa.

Olahraga ringan saat berpuasa

Tujuannya adalah agar energi yang hilang akibat berolahraga bisa segera tergantikan. Tapi, bila Anda menginginkan berolahraga di pagi hari, tentu tak jadi soal. Namun dengan syarat, jenis olahraga yang Anda lakukan haruslah tak terlalu berat. Contohnya seperti jalan santai atau bersepeda.

Itulah 3 tips olahraga yang bisa Anda jalankan saat berpuasa. Ingat, tak jadi masalah untuk olahraga saat berpuasa. Masalah muncul jika olahraga bikin Anda batal. Dan agar terhindar dari kondisi demikian, tentu Anda butuh tips yang tepat untuk diikuti.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.