Now Reading
3 Tips Latihan yang Bisa Memperbaiki Bentuk Kakimu, Terapkan!

3 Tips Latihan yang Bisa Memperbaiki Bentuk Kakimu, Terapkan!

Kita semua hidup dalam ketidaksempurnaan. Namun, jika kamu berpikir bentuk kaki butuh perbaikan, ada kemungkinan bisa kamu dapatkan. Yang kamu butuhkan hanyalah memilih tips latihan yang tepat.

Jangan asal pilih atau asal gerak. Bagaimanapun, pemilihan tips olahraga harus hati-hati dan disesuaikan dengan kebutuhan. Dan untuk beberapa perbaikan, kamu mungkin perlu untuk memperkuat otot bagian luar dan meregangkan bagian dalam, sementara yang lain bisa kebalikannya.

Nah, untuk kamu yang menginginkan body goal, kaki tentu tak bisa dilewatkan. Harap catat, periksa dengan teliti bentuk kaki, lalu pilih salah satu dari tips latihan ini.

Bentuk Kaki Busur

Jika kakimu cenderung menjorok keluar saat berdiri tegak, kamu mungkin memiliki bentuk kaki busur. Untuk memperbaikinya, kamu perlu latihan memperkuat otot yang bakal menarik lutut semakin mendekat. Selain itu, latihan ini juga bakal meregangkan otot yang membuat kaki tampak menjorok keluar.

Pistol Squat

Latihan yang perlu kamu lakukan adalah Pistol Squats. Caranya mudah, awali dengan berdiri tegak, lalu secara perlahan jongkok. Setelah itu, angkak kaki kiri dan pastikan lutut dalam keadaan lemas. Pastikan tumpuan di kaki kanan dan tahan selama kurang lebih 10 detik. Lakukan 10 kali untuk masing-masing kaki.

Bentuk Lutut Bersinggungan

Jika paha terlihat mendekat satu dengan yang lain, namun tidak dengan tulang kering, kemungkinannya adalah kamu memiliki bentuk lutut bersinggungan atau yang sering disebut bentuk X.

Hal ini disebabkan oleh otot bagian luar pinggul dan paha yang lemah. Selain itu, juga disebabkan oleh otot paha dalam yang sangat kencang. Nah untuk memperbaikinya, coba lakukan tips latihan Side Lunges.

Side lunges

Tujuan dari melakukan gerakan latihan ini adalah untuk memperkuat bagian dalam dan luar paha serta pinggul. Caranya, berdiri tegak lalu letakkan tangan di pinggul.

See Also

Kemudian, cobalah melangkah dengan lebar ke kanan, tekuk kaki kanan dan pertahankan kaki kiri lurus. Jika sudah, lontarkan tubuh ke kiri dan sebaliknya. Ulangi sebanyak sepuluh kali. Pada hitungan sepuluh, tahan pose ini selama kurang lebih 10 detik.

Bentuk Kaki Semu Lengkung

Jika saat berdiri tegak lututmu bersinggungan, kemudian bagian kaki bawah cenderung berjauhan dan terlihat terlalu kurus, bisa jadi kamu memiliki bentuk kaki semu lengkung. Kunci untuk memperbaiki bentuk kaki ini adalah dengan menambah massa otot di bagian kaki bawah untuk menutupi penampilan yang kurang sempurna.

Heel raises

Untuk memperbaikinya, kamu bisa mencoba menggunakan gerakan Heel Raises. Gerakan ini bisa meningkatkan kekuatan betis. Caranya, berdiri tegak dan bersandarlah pada tembok atau kursi. Setelah itu, jinjitkan kaki dan tahan selama 10 detik. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.