Now Reading
Makanan Lebaran Khas Jawa yang Harus Anda Coba

Makanan Lebaran Khas Jawa yang Harus Anda Coba

Lebaran tentu belum lengkap tanpa masakan khas yang biasanya sering dibuat dan disajikan untuk tamu hanya pada saat lebaran. Makanan khas lebaran tentunya berbeda-beda pada setiap daerah. Pada msayarakat jawa makanan yang disajikan pada saat lebaran akan berbeda dengan masyarakat sumatra atau sulawesi. Berikut ini beberapa hidangan masakan lebaran khas Jawa yang tak boleh absen di meja pada saat lebaran.

  1. Lodeh terong

Menu makanan khas lebaran Lodeh terong biasanya disajikan dengan tambahan nasi atau ketupat. Pada masakan khas Jawa, lodeh terong ini tidak menggunakan terong ungu sebagai bahan utamanya, namun menggunakan terong hijau. Selain itu juga ditambahkan kecombrang yang akan membuat aroma dan rasa lodeh menjadi lebih nikmat.

  1. Opor ayam

Opor ayam merupakan makanan khas hari raya yang berasal dari Jawa Tengah. Pada masyarakat jawa, opor ayam bias ditemui di hampir setiap rumah saat Lebaran. Opor ayam biasanya disajikan bersamaan dengan nasi putih atau ketupat. Daging ayam akan dimasak dengan campuran santan kental hingga menghasilkan rasa ayam yang gurih dan empuk.

Makanan lebaran khas Jawa, Opor Ayam
  1. Gulai kambing

Kuliner khas jawa tengah yang selanjutnya adalah gulai kambing. Gulai kambing biasanya disajikan dengan potongan lontong atau ketupat. Namun, sebagian masyarakat tidak selalu membuat gulai dengan daging kambing. Terkadang gulai juga dibuat dengan daging ayam untuk menjaga kolesterol tetap rendah.

  1. Serundeng daging

Serundeng daging biasanya terbuat dari daging sapi yang dicincang kecil-kecil dan parutan kelapa. Makanan ini biasa disajikan dan cocok dimakan bersamaan dengan makanan berkuah, hal itu yang membedakan serundeng daging dengan abon daging. Abon daging tidak cocok jika dimakan bersamaan dengan makanan berkuah.

See Also

  1. Semur daging

Makanan yang akan anda temui pada saat lebaran di Jawa Tengah adalah semur daging. Semur daging terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan campuran bumbu semur. Semur sangat cocok disajikan dengan nasi hangat atai ketupat. Pada semur daging biasanya juga ditambahkan telur, tahu, atau tempe sebagai variasi.

  1. Sambal goreng ati ampela
Makanan lebaran khas Jawa, Sambal ati ampela

Makanan khas Jawa pada saat lebaran yang terakhir adalah sambal goreng ati ampela. Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari potongan ati dan ampela ayam yang digoreng dengan bumbu sambal. Biasanya juga diberikan potongan kentang goreng atau petai untuk variasi. Masakan ini biasanya disantap sebagai pendamping sayur lodeh atau opor ayam dengan ketupat atau nasi hangat.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.