Now Reading
Makanan Khas Lebaran di Indonesia

Makanan Khas Lebaran di Indonesia

Bulan suci Ramadan menjadi momen yang istimewa bagi seluruh umat muslim di dunia. Demikian pula Lebaran Idul Fitri yang akan segera tiba, sudahkah kamu mempersiapkan segala kebutuhan untuk menyambut hari raya nanti? Mulai dari tiket mudik sampai baju baru, Idul Fitri tidak akan lengkap tanpa makanan khas lebaran terfavorit.

Tidak perlu dipertanyakan lagi, setiap orang pasti menyukai acara makan-makan bersama dengan orang-orang terdekat, baik itu kelaurga besar, teman, hingga sahabat. Apa saja sih makanan khas lebaran yang ada di Indonesia?

Berikut daftar makanan khas lebaran yang wajib kamu sediakan di rumah.

Rendang Daging Padang

Fakta membuktikan bahwa rendang daging sapi sangat dicintai orang-orang tidak sekadar masyarakat Padang, Indonesia, bahkan masyarakat dunia mencintai makanan khas lebaran Idul Fitri ini. Rendang sapi khas Padang berhasil memperoleh kembali gelarnya sebagai makanan terlezat di dunia tahun 2017, sebelumnya gelar ini didapatkan juga pada 2011 silam.

Semur Daging

Nikmatnya daging sapi maupun ayam yang dikukus bersama kuah kecap dan rempah-rempah lainnya selalu berhasil memanjakan lidah. Semur daging merupakan makanan khas Lebaran Idul Fitri yang wajib kamu hidangkan.

Serundeng Daging

Satu lagi makanan khas Lebaran di Indonesia dari olahan daging yang tak boleh dilewatkan, yakni serundeng. Masakan ini memberikan kenikmatan dengan sentuhan ajaib dari rempah-rempah berbahan dasar kelapa yang disuwir tipis ditambah daging berserat yang gurih. Makanan ini cocok bagi kamu yang menginginkan makanan tanpa terlalu banyak kuah.

Opor Ayam

See Also

Bukan hanya makanan dengan olahan daging sapi yang jadi primadona resep masakan khas Lebaran, daging ayam juga difavoritkan. Salah satu yang banyak dibuat saat hari raya ini untuk menemani ketupat adalah opor ayam. Kuah opor yang gurih ditambah daging ayam yang bergizi, akan membuat siapa pun menikmatinya.

Opor ayam menjadi makanan khas lebaran yang menjadi favorit semua orang

Soto

Beberapa wilayah dan kebudayaan di Indonesia menjadikan soto sebagai salah satu makanan khas Lebaran yang wajib dihidangkan. Soto juga bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis, seperti soto betawi, soto lamongan, soto padang, dan lain-lain. Jika kamu ingin menu Lebaran yang lebih variatif di rumah, masakan ini cocok menjadi pilihan.

Ketupat

Ketupat merupakan makanan yang wajib ada saat lebaran

Untuk melengkapi berbagai menu makanan khas lebaran di atas, rasanya kurang nikmat jika disajikan tanpa ketupat. Makanan khas Lebaran ini adalah simbol hari raya Idul Fitri yang ikonik, sehingga ini merupakan makanan yang wajib ada di meja kamu.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.