Now Reading
Sepatu Naik Gunung yang Cocok untuk Pemula Berdasarkan Medan

Sepatu Naik Gunung yang Cocok untuk Pemula Berdasarkan Medan

Jika anda pemula yang ingin mencoba mendaki gunung untuk mengambah pengalaman maka anda membutuhkan sepatu gunung karena medan yang terjal dan licin jika hujan tidak akan bisa dilewati dengan menggunakan sepatu lari atau sepatu olah raga biasa. Sepatu gunung juga akan menjaga kaki anda tetap aman selama perjalanan mendaki yang bermedan bebatuan atau bersemak-semak dengan ranting yang tajam atau gatal.

Berikut ini beberapa rekomendasi sepatu gunung yang bisa anda gunakan untuk melintasi jalur ekstrim.

  1. Trail running shoes
sepatu naik gunung trail running shoes

Walaupun namanya sepatu lari namun sepatu ini berbeda dari sepatu lari pada umumnya karena sepatu ini didesain untuk bisa melewati medan gunung yang terjal. Sepatu ini sangat cocok untuk anda gunakan di gunung dengan ketinggian yang sedang dan medan yang pendek dan tidak terlalu menanjak walaupun sepatu ini didesain mampu untuk menjangkau tanjakan. Solnya didesain lebih kuat dan keras untuk dapat melindungi kaki dari medan yang buruk. Desainnya yang sederhana juga cocok untuk digunakan sehari-hari.

  1. Hiking shoes

Jika anda berencana untuk mendaki dengan jalur pendakian yang landai dan medan yang tidak berat sepatu ini akan cocok untuk menemani perjalanan anda. Hiking shoes biasanya terbuat dari material suede, nilon, atau kulit. Kelebihan sepatu ini adalah desainnya yang mampu melindungi pergelangan kaki atau engkel dari cedera.

  1. Mid-Weight Boot
sepatu naik gunung mid weight boot

Untuk pendakian dengan medan yang cukup berat dan jalur yang tidak terlalu mulus sebaiknya anda gunakan Mid-Weight Boot. Sepatu dengan model klasik ini sangat cocok untuk anda menaklukkan medan yang berat. Tak hanya klasik, Mid-Weight Boot juga dilengkapi dengan desain yang pas untuk digunakan pada pendakian yang memakan waktu berhari-hari. Namun kekurangan Mid-Weight Boot adalah desain sol yang keras kerap kali membuat penggunanya tidak nyaman juga bantalan kaki yang tingginya tanggung membuat pergelangan kaki kurang fleksibel ketika mendaki gunung dengan medan sulit.

See Also

  1. Heavy boot

Sepatu gunung terakhir yang direkomendasikan untuk pendaki pemula adalah Heavy boot. Heavy boot memiliki bantalan kaki yang tingginya pas dan dengan kerangka sepatu yang tidak membuat kaki anda sakit. Sepatu ini sangat cocok untuk anda yang melakukan pendakian berhari-hari dan bermedan berat. Heavy boot biasanya terbuat dari material gore tex yaitu material yang tahan air namun sirkulasi udara tetap lancar sehingga tidak membuat kaki anda kekurangan oksigen dan tidak mudah lembab juga.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.