Now Reading
Kue Kering Lebaran Khas Jawa Tengah

Kue Kering Lebaran Khas Jawa Tengah

Kue kering kacang

Selain makanan khas saat lebaran seperti ketupat dan opor, kue kering juga tak absen untuk menghias meja tamu di setiap rumah. Kue kering lebaran tentu memiliki khas di setiap daerah. Kue kering lebaran khas Jawa Tengah ini memang bermacam-macam nama dan juga rasanya.

Berikut ini macam-macam kue kering lebaran khas Jawa khususnya Jawa Tengah.

Macam Kue Kering Lebaran Khas Jawa Tengah

  1. Kue kering kacang

Kue kering lebaran khas Jawa Tengah yang pertama adalah kue kering kacang. Proses pembuatan kue ini terbilang paling mudah dan sederhana. kue lebaran simple berbahan dasar kacang ini memiliki tekstur yang lembut dan renyah dan rasa yang manis campur gurih khas kacang. Biasanya kue ini berbentuk love dengan olesan kuning telur di atasnya yang dipanggang bersamaan dengan kue sehingga ketika matang akan berwarna keemasan.

  1. Kue nastar

Kue yang sangat identik dengan lebaran yang kedua adalah kue nastar. Kue ini biasanya berbetuk bulat dengan isian selai nanas atau strauberri di dalamnya. Rasa renyah di dalam dan manis lembut selai di dalam menjadi perpaduan yang sangat menggiurkan. Walaupun pembuatannya lumayan rumit kue ini tidak pernah absen dari daftar kue kue untuk lebaran di meja saat lebaran karena tak hanya anak-anak, orang tua juga sangat menyukai kue ini.

  1. Kue lidah kucing

Kue kering lebaran khas Jawa Tengah yang selanjutnya dapat dibilang sebagai kue kering enak dan unik yaitu kue kering lidah kucing. Diberi nama lidah kucing karena bentuknya yang sederhana dan memanjang mirip dengan lidah kucing ketika menjulur. Kue ini bertekstur renyah dengan rasa manis dan gurih yang berpadu menjadi satu. Kini banyak dijumpai lidah kucing dengan berbagai warna untuk memikat hati anak-anak.

  1. Kue semprong

Kue lebaran yang satu ini sekilas bentuknya mirip dengan astor namun dalam versi yang lebih besar dan warna yang berbeda. Kue ini renyah dan gurih sangat cocok untuk dihidangkan saat lebaran pada tamu-tamu yang bersilaturahmi. Bentuknya menyerupai tabung dan berwarna kecoklatan. Rasanya sangat khas kue tradisional.

See Also
Bukit Asah Desa Bugbug Karangasem. Instagram @dewiastiti__

  1. Kue kembang goyang

Aneka kue kering khas lebaran di Jawa Tengah yang terakhir adalah kue kembang goyang. Seperti namanya kue ini berbentuk menyerupai bunga dengan tekstur yang renyah dan rasa yang manis gurih. Jika anda sudah mencoba kue ini dijamin anda tidak bisa berhenti karena kue ini cenderung tidak membuat cepat haus dan menimbulkan rasa ingin mengunyah terus. Kue kembang goyang juga menarik untuk anak-anak karena bentuknya yang menyerupai bunga.

Itu tadi beberapa jenis kue kering lebaran khas Jawa Tengah.

© 2022 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top