Now Reading
Wisata di Kediri yang bernilai seni tinggi

Wisata di Kediri yang bernilai seni tinggi

Jika anda memiliki rencana berwisata ke Kediri . Kota tahu ini memiliki banyak destinasi wisata yang  tidak hanya Instagenik, tapi bernilai seni tinggi. semuanya layak ditampilkan untuk mengangkat dunia pariwisata Kediri dan anda wajib mengujunginya.

Berikut ini tempat wisata yang ada di Kediri berciri khas seni yang indah menakjubkan.

  1. Gereja Pohsarang
Halaman gereja pasoharang kediri tentang diorama penyaliban

Berada di lereng gunung Wilis Gereja Pohsarang merupakan destinasi wisata religi di Kediri bagi umat Kristiani. Meski begitu, tidak sedikit umat dari keyakinan lain mengunjungi tempat menarik di kediri ini untuk sekadar mengagumi keindahan arsitektur gereja. Di bagian belakang halaman terdapat patung-patung yang menceritakan kisah penyaliban seperti diorama. Anda harus jalan melingkari taman buat tahu cerita awalnya sampai akhir.  Gereja itu sangat unik dengan bentuknya yang khas dan tradisional. Berupa bangunan kuno, perpaduan  antara budaya kolonial Belanda  dan budaya Jawa. Menariknya lagi, gereja itu didominasi oleh batu-batu sungai yang disusun dan ditata sedemikian rupa.

  1. Goa Selomangleng

Goa selomanjeng adalah objek wisata di Kediri yang indah dan bersejarah. Berlokasi di Ds Waung Kec Mojorot Kedir berjarak sekiatar 7 kilometer dari kota kediri. Menurut cerita goa ini pada jahulu sebagai tempat bertapa dan pengasingan.Bahkan sekarang goa ini masih aktif digunakan orang untuk bertapa/mencari wangsit.Tempat ini juga pernah di gunakan oleh dewi Kalisuci yang merupakan putri dari raja Erlangga untuk bertapa dan mengasingkan diri. hal tersebut dapat di buktikan dari relief yang terlihat di dinding goa.  Selomangleng sendiri memiliki arti batu yang miring. Goa ini cukup unik karena terdapat bongkahan batu yang seolah berserakan dan beberapa diantaranya terlihat seperti dipahat.

  1. Monumen Simpang Lima Gumul Kediri
Monumen simpang lima gumul kediri yang mirip paris

Wisata selanjutnya yaitu monumen simpang lima gumul yang berlokasi di jalan erlangga. Namun sebenarnya monumen tersebut berlokasi di persimpangan lima jalan dai nataranya yaitu Pare, Gampengrejo, Pagu, Plosoklaten dan juga jalan pesantren. Monumen ini di bangun pada tahun 2003 dan baru di resmikan pada tahun 2008. Tidak sedikit yang menyebut monumen ini sebagai replika dari Arc De Triomphe, salah satu landmark terkenal di Paris, Prancis. Bentuknya memang memiliki kemiripan, namun pesan yang terkandung di dindingnya memiliki perbedaan signifikan. Meski begitu, Monumen Simpang Lima Gumul ini tetap menjadi destinasi wisata keindahan kota kediri.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top