Now Reading
Rekor Tertinggi: Penggunaan Batu Bara di Indonesia dan Filipina Capai 62% pada 2023

Rekor Tertinggi: Penggunaan Batu Bara di Indonesia dan Filipina Capai 62% pada 2023

Penggunaan batu bara dalam sektor pembangkit listrik di Indonesia dan Filipina mencatatkan rekor tertinggi pada tahun 2023, mencapai 62 persen dari total produksi energi listrik. Meskipun potensi energi terbarukan seperti tenaga surya dan angin melimpah, keduanya tetap mengandalkan batu bara secara signifikan.

Menurut laporan dari lembaga energi berbasis London, Ember, batu bara berkontribusi hampir dua pertiga dari total pembangkit listrik di kedua negara ini. Di Filipina, penggunaan batu bara meningkat dari 59,1 persen pada tahun 2022 menjadi 61,9 persen pada tahun 2023. Sementara itu, di Indonesia, porsi batu bara dalam pembangkit listrik sedikit meningkat menjadi 61,8 persen.

“Laporan ini menyoroti bahwa Indonesia dan Filipina merupakan dua negara di Asia Tenggara yang sangat bergantung pada batu bara, dengan ketergantungan yang terus berkembang,” ujar pernyataan dalam laporan tersebut.

Namun, kawasan Asia Tenggara mendapat tekanan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mempercepat transisi ke energi bersih guna mengurangi emisi gas rumah kaca. Filipina memiliki kapasitas pembangkit listrik tenaga angin dan surya sebesar 3,2 persen, sedangkan Indonesia hanya 0,3 persen, jauh di bawah rata-rata ASEAN yang mencapai 4,4 persen, dengan Vietnam memimpin dengan 13 persen.

Meskipun penggunaan batu bara dianggap sebagai penyebab polusi karbon dioksida terbesar yang mendukung pemanasan global, tantangan untuk beralih ke energi bersih masih menghadapi hambatan, termasuk kebutuhan akan keamanan energi dan pengaruh industri batu bara yang kuat di kedua negara ini.

See Also

Dengan produksi batu bara yang melimpah di Indonesia, yang merupakan eksportir terbesar di dunia, langkah-langkah untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi ini menjadi kunci dalam upaya mengatasi tantangan perubahan iklim di kawasan Asia Tenggara.

Demikian informasi seputar catatan penggunaan batu bara di Indonesia. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Denotasi.Com.

© 2023 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top