Now Reading
Cara Membangun Teamwork di Tempat Kerja

Cara Membangun Teamwork di Tempat Kerja

Teamwork sangat dibutuhkan dalam lingkungan kerja karena meski anda memiliki tanggung jawab sendiri, anda merupakan bagian dari organisasi. pengertian team work bukan sekadar bekerja sama dengan tim, tapi bagaimana tim bisa bekerja sama dengan baik demi kepentingan bersama yang artinya bukan pribadi. Perusahaan hanya bisa berkembang jika orang-orang di dalamnya memiliki keinginan untuk membesarkan perusahaan dan menyisihkan kepentingan pribadi. Maka dari itu banyak perusahaan yang mengajukan kriteria dapat bekerja dengan tim pada calon karyawan yang melamar kerja di perusahaan mereka. Cerikut ini cara membangun teamwork di tempat kerja.

  1. Tujuan

Pertama, anda harus menciptakan tujuan yang jelas untuk tim anda. Tentukan tujuan secara spesifik agar setiap individu tidak membuat tujuan masing-masing yang berbeda. Agar tujuan bisa tercipta anda harus mengadakan rapat secara rutin dan komunikasi yang terbuka dan pelajari juga bagaimana komunikasi yang efektif.

Memiliki tujuan yang jelas
  1. Kepercayaan

Selain tujuan yang sama, anda juga perlu untuk membangun kepercayaan. Caranya adalah dengan membuat mereka berani bicara untuk mengutarakan opini. Opini yang dikeluarkan oleh orang lain harus dapat ditampung terlebih dulu dan jangan langsung dipatahkan karena akan berdampak pada individu yang memilih untuk tidak beropini akibat dari penolakan tersebut. Ciptakan juga komunikasi timbal balik, sehingga anggota tim bisa saling memberi kritik tanpa terkesan menjatuhkan

Kepercayaan untuk beropini
  1. Pendekatan antar anggota tim

Dalam tim perlu dibangun kedekatan yang baik caranya adalah dengan melakukan kegiatan bersama. Melakukan kegiatan bersama akan membangun komunikasi dan menimbulkan rasa saling memahami antar anggota tim. Dari kegiatan bersama juga akan menghasilkan cara menjalin kerjasama yang baik. kegiatan bersama yang dapat anda lakukan bersama tim salah satunya adalah makan siang atau makan malam bersama-sama. Dengan bertemu di luar lingkungan kerja, sesama anggota tim bisa saling mengenal secara personal.

See Also

  1. Penghargaan

Menghargai dan memuji hasil kerja anggota tim akan sangat baik untuk membangun teamwork. rekan kerja yang baik akan senantiasa membangun dan mendukung segala kemajuan pada anggota lain. Pujian juga akan menambah semangat kerja pada masing-masing individu dan menciptakan persaingan yang sehat antar anggota tim namun tetap fokus pada tujuan bersama yang sudah disepakati.

  1. Kompetensi

Pekerjaan tim akan lebih mudah berhasil jika dikerjakan sesuai dengan kompetensi dari masing-maisng individu. Komunikasikan mengenai tugas, kendala saat mengerjakan tugas, dan apakah mereka mampu mengerjakan. Jika individu belum mampu mengerjakan suatu bisang ada baiknya sarankan untuk mendapat pelatihan atau mengganti pada bisang lain yang sudah dikuasai.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.