Now Reading
Ini Alasan Mengapa Wanita Susah Turunkan Berat Badan Dibandingkan Pria

Ini Alasan Mengapa Wanita Susah Turunkan Berat Badan Dibandingkan Pria

Memiliki bentuk tubuh yang ideal tentu diinginkan semua orang, baik pria maupun wanita. Berbagai cara dilakukan agar mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan, mulai dari mengatur pola hidup sehat, olahraga secara rutin, hingga menjalankan diet.

Meski sudah melakukan berbagai cara menurunkan berat badan, namun hasil setiap orang berbeda-beda. Bahkan banyak yang beranggapan bahwa pria dipercaya lebih mudah menurunkan berat badan dibandingkan dengan wanita.

Apakah benar demikian? Berikut beberapa alasan mengapa wanita susah untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan pria.

  1. Metabolisme tubuh

Perlu diketahui bahwa wanita pada umumnya memiliki lebih banyak lemak di tubuh dan sedikit otot dibandingkan dengan pria. Dengan kondisi tersebut membuat metabolime seorang wanita lebih rendah yang mengakibatkan kalori tubuh yang terbakar lebih sedikit.

Seorang wanit mengukur lingkar perut
  1. Menopause

Alasan mengapa wanita susah menurunkan berat badan selanjutnya adalah karena adanya fase menopause. Dalam fase ini seorang wanita akan kehilangan hormon dan metabolisme tubuh akan menurun.

  1. Efek Kehamilan

Ketika hamil biasanya berat badan wanita akan bertambah. Kemudian setelah melahirkan mereka sulit untuk menurunkan berat badan, salah satu alasannya karena tidak ada waktu untuk berolahraga. Selain itu, waktu tidur pun akan berkurang.

Padahal olahraga dan tidur yang cukup merupakan dua hal yang penting dalam menurunkan berat badan.

  1. Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi dimana hormon tidak seimbang yang membuat berat badan menjadi sudah untuk turun. 5-10 persen wanita ternyata mengalami sindrom ini. Hal inilah yang juga menyebabkan haid tidak teratur.

See Also

Itulah beberapa alasan yang menyebabkan wanita sudah menurunkan berat badan. Meski demikian ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses penurunan berat badan pada wanita.

Seorang wanita latihan angkat beban

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan latihan beban. Olahraga ini salah satu yang terbaik untuk membangun massa otot. Dengan memiliki massa otot yang baik maka ddapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Massa otot yang lebih besar dapat membakar kalori meski tidak dalam aktivitas yang berat, seperti duduk atau beristirahat. Latihan beban tersebut dapat dilakukan setiap hari dengan waktu 10-15 menit per sesi.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.