Now Reading
Perlengkapan Naik Gunung Untuk Pemula

Perlengkapan Naik Gunung Untuk Pemula

Kegiatan mendaki gunung bisa di bilang susah-susah gampang sih. Bagi mereka yang sudah terbiasa mungkin bisa dibilang gampang karena memang sudah terbiasa dan sering untuk mempersiapkan perlengkapan mendaki gunung. Akan tetapi bagi mereka yang bisa dibilang masih pemula atau jarang melakukan pendakian, kegiatan mempersiapkan perlengkapan mendaki gunung ini bisa dibilang agak sulit karena belum terbiasa.

Berikut daftar perlengkapan mendaki gunung bagi kamu yang masih pemula agar aman dan tidak merepotkan orang lain ketika sedang melakukan pendakian.

Peralatan Tenda

Tenda salah satu perlengkapan yang wajib dibawa

Tenda ini sangatlah penting dan memang harus masuk ke dalam daftar perlengkapan mendaki gunung. Ketika kamu membawa tenda, kamu bisa dengan leluasa menata barang bawanmu sendiri. Selain itu, tenda ini juga akan melindungimu dari terpaan angin, hawa dingin dan hujan ketika berada di gunung. Jangan lupa untuk membawalah tenda yang sesuai dengan kapasitas orang yang akan melakukan pendakian.

Makanan Untuk Mendaki Gunung

Naik gunung akan menguras tenaga dan membuat kamu lelah. Bawalah makanan dan minuman agar saat istirahat mengembalikan tenaga yang terkuras selama pendakian. Bawalah cemilan yang bisa meningkatkan tenaga kamu ketika sedang beristirahat di jalur pendakian dan bawalah bahan makanan yang bisa diolah sedemikian rupa ketika kamu sedang istirahat di tenda atau lokasi camping.

Peralatan Memasak dan Memakan

Memasak saat camping di gunung

Jika kamu berencana untuk memasak di dalam pendakian. Di dalam daftar perlengkapan mendaki gunung. tentunya akan membutuhkan peralatan masak yang bisa untuk memasak air untuk menyeduh kopi maupun teh hingga untuk memasak beras agar menjadi nasi beserta lauk dan sayur. Bawalah peralatan masak seperti kompor, wadah untuk memasak atau panci, wajan ketika ingin menggoreng-goreng, hingga teko dengan ukuran yang kecil. Juga peralatan makan seperti sendok, garpu, gelas dan piring. Bahkan jika kamu memperhatikan para pemandu pendakian gunung, peralatan makan mereka tidak hanya itu saja. Mereka akan membawa kursi lipat dan meja lipat praktis agar para tamu mereka bisa makan dengan nyaman.

Alat Komunikasi

Alat komunikasi ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada teman pendaki maupun basecamp ketika kamu sedang mengalamai keadaan benar-benar darurat. Alat komunikasi disini bisa seperti HP yang kamu miliki maupun handy talky (HT). Catatlah informasi atau nomer HP dan frekuensi basecamp sebelum kamu mendaki gunung tersebut agar lebih mudah berkomunikasi.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top