Now Reading
Menu buka puasa dan sahur yang jadi pantangan orang maag

Menu buka puasa dan sahur yang jadi pantangan orang maag

Puasa selain sebagai bentuk ibadah orang muslim ternyata faktanya puasa itu sehat khususnya untuk pencernaan. Masalah pencernaan yang paling umum dihadapi adalah maag. Maag terjadi karena adanya sesuatu yang tidak normal di dalam lambung. Namun beberapa orang justru mengeluhkan bahwa maag justru akan membaik jika berpuasa. Namun meskipun diperbolehkan berpuasa, ada beberapa makanan yang jadi pantangan penderita maag agar puasa lancar, simak ulasan berikut ini.

  1. Susu Full Cream

Susu memang dianjurkan ada dalam menu sahur anda, karena kandungannya yang bisa puasa seharian.Namun jika anda pecinta susu full cream dan memilki riwayat maag, sebaiknya Anda menghindari jenis minuman ini selama puasa. Karena jenis minuman ini sangat sulit dicerna oleh lambung. Dan jika dibiarkan kondisi ini tentu saja dapat membuat perut terasa kembung dan hal ini pun sangat memicu maag Anda kambuh kembali. Selain susu full cream, Anda juga harus menghindari minuman bersoda dan minuman yang mengandung kafein.

  1. Makanan Berlemak dan Berminyak

Menu buka puasa dan sahur sebulan yang sebaiknya dihindari selanjutnya adalah makanan yang kaya akan lemak dan minyak. Sama seperti susu full cream, makanan yang kaya lemak dan minyak juga sangat sulit dicerna. Hal ini tentu saja dapat membuat lambung bekerja keras dalam mencerna makanan. Beberapa makanan berlemak dan berminyak yang perlu dihindari adalah gorengan, jeroan, kue tart dan juga cokelat.Menu Buka Puasa dan Sahur yang Harus Dihindari.

Menu buka dan sahur yang jadi pantangan orang maag
  1. Makanan Pedas

Menu buka puasa sehat tentu memiliki takaran rasa yang tidak mengangetkan perut yang semula kosng. Sudah menjadi rahasia umum jika seseorang yang menderita penyakit maag harus menghindari makanan yang bercitarsa pedas. Tak hanya dapat mengiritasi lambung saja, makanan pedas juga dapat membuat perut menjadu tidak nyaman. Beberapa makanan pedas yang sebaiknya dihindari antara lain saos tomat, saus panas, cabai, sambal, saos cabai serta semua makanan yang mengandung merica yang berlebih.

See Also

Jenis makanan pedas sangat tidak dianjurkan pada penderita maag
  1. Makanan Berat Ketika Berbuka

Ketika buka puasa, mengonsumsi makanan berat juga tidak dianjurkan. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, salah satu alasannya yaitu karena untuk mencegah lambung bekerja mendadak. Lambung yang mendadak bekerja keras tentu saja dapat meningkatkan asam lambung. Jika tidak segera diatasi hal ini dapat membuat dinding lambung terluka. Tentu anda ingin puasa tetap lancar kan?

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.