Rahasia Awet Muda, Lakukan 5 Kebiasaan Ini!

Penuaan memang alamiah terjadi dalam kehidupan manusia. Namun jangan hawatir, kita bisa tetap berusaha menjadi awet muda dengan mempertahankan kelembaban kulit, kesehatan kulit, dan kebugaran tubuh. Yuk lakukan 5 kebiasan ini untuk tetap tampil awet muda.

  1. Cukup tidur

Ketika tidur, kulit akan meregenerasi dirinya sendiri. Tanpa waktu tidur yang cukup dapat meyebabkan stres dan memicu tubuh memproduksi kortisol yang berakibat tidak baik bagi kulit. Usahakan untuk tidur pada malam hari 7-8 jam. Selain itu cukup tidur dapat meningkatkan daya berfikir, daya konsentrasi, kemampuan kerja, mengurangi resiko serangan jantung, obesitas, kanker, dan diabetes.

Rahasia awet muda dengan cukup tidur berdampak pada kulit yang sehat
  1. Kurangi makanan manis

Bagi kamu penyuka snack atau makanan manis, kamu wajib menguranginya mulai dari sekarang. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dapat menyebabkan glycation. Glycation adalah ketika gula masuk ke dalam aliran darah, maka gula akan mengikat protein. Elastin dan kolagen adalah protein dan merupakan blok bangunan pada kulit, selama proses glycation terdapat senyawa beracun yang disebut Advanced Glycation End Products atau AGEs. AGEs ini dapat menyebabkan kerutan, kendur, lingkaran hitam di bawah mata.

  1. Hindari berat badan yang naik-turun secara ekstrim

Berat badan yang naik turun secara ekstrim dapat mempengaruhi kulit, seperti mudah kendur dan timbulnya stretch mark. Untuk itu pastikan berat badan di angka normal. Menjaga berat badan dapat dilakukan dengan olahraga atau menjaga pola makan dengan mengurangi gula dan garam baik di dalam makanan atau minuman.

See Also

  1. Hiindari stres

Ketika dalam keadaan stress tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat mempengaruhi elastisitas kolagen di dalam tubuh serta mempengaruhi kemampuan regenerasi kulit. Mulai dari sekarang kurangi rasa khawatir dan stres dengan cara banyak berpikir positif, dan sugesti diri dengan hal baik. Untuk menghindari stres kamu juga bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan sehat, jogging, yoga, atau senam dengan gerakan yang rileks, dan meet up bersama teman.

Hindari stress agar tubuh dapat memproduksi hormon kortisol yang dapat mempengaruhi elastisitas kolagen
  1. Hindari depresi

Terkadang depresi tidak dapat dideteksi dari raut wajah. Raut wajah terlihat bahagia namun di dalam diri bisa saja sedang merasa depresi. Mengapa depresi berdampak pada penuaan? Karena seseorang yang sedang depresi cenderung tidak memperdulikan perawatan pada tubuhnya, dan terpaku pada kesedihannya. Padahal ketika kamu berpenampilan baik maka akan membawa dampak positif pada pikiran.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.