Pastikan Lanjut, Mandiri Akuisisi Bank Permata Mulai Semester I 2019

PT Bank Mandiri Tbk memastikan bahwa akuisis terhadap PT Bank Permata Tbk akan segera berlanjut pada semester I 2019, kepastian ini didapatkan setelah beberapa waktu yang lalu pihak Bank Mandiri telah melakukan negosiasi harga akuisisi Bank Permata.

Akuisis Bank Mandiri ke Bank Pemata

“Jadi enggak jadi semester I kita klarifikasi lah maju apa enggak,” kata Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin, 15 April 2019 dilansir dari medcom.id.

Selain itu Kartika juga belum bisa membeberkan secara gamblang hasil dari negosiasi harga yang dilakukan oleh timnya yaitu pihak Bank Mandiri. Perempuan hebat ini beralasan kedua perusahaan merupakan perusahaan yang tercatat di bursa sehingga belum menyampaikan kepada publik hasil negosiasi tersebut.

“Tidak ada komentar. Kan kita sama-sama perusahaan tercatat. Enggak bisa dibuka. Masih proses,” ucap Kartika dilansir dari medcom.id.

Pada Selasa, 9 April 2019, Kartika sempat menjelaskan bahwa proses akuisisi Bank Permata telah sampai pada tahapan due diligence atau uji tuntas dengan pemegang saham Bank Permata yang dilakukan oleh Bank Mandiri.

See Also

“Kami mulai negosiasi minggu ini, tapi kan masih bisa fifty-fifty (peluangnya). Kalau harganya cocok, ya jalan. Kalau tidak, ya tidak apa-apa. Kan negosiasi dalam jual-beli itu bisa cocok, bisa tidak,” kata Kartika.

Akuisisi Mandiri kepada Bank Permata disebabkan karena perbankan raksasa asal Inggris, Standard Chartered, berencana melepas saham di Bank Pemata. Saat ini, Standard Chartered memiliki saham 44,56 persen. Kemudian Astra Internasional memiliki saham 44,56 persen dan 10,88 persen dikuasai publik.

Selain faktor diatas, akuisisi Bank Mandiri terhadap Bank Permata juga bertujuan untuk mempertajam pertumbuhan kredit di segmen menengah kecil. Pada 2018, rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) Bank Mandiri berada di level 20,98 persen.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.