Analisis Pangsa Pasar dan Strategi Memperluas Pangsa Pasar

Berikut definisi pangsa pasar dan strategi yang tepat untuk memperluas pangsa pasar.

Analisis pangsa pasar adalah (market segment) bagian dari keseluruhan suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen menurut ciri khasnya, seperti dari tingkat pendapatan, umur, pendidikan, status sosial dan juga jenis kelamin.

Pangsa pasar merupakan bagian dari pasar yang dapat dicapai oleh perusahaan. Pangsa pasar dapat menjadi salah satu dari indikator meningkatnya kinerja pemasaran suatu perusahaan.

Dengan kata lain, memperluas pangsa pasar bisa memperbesar bisnis kalian. Hal ini dikarenakan jika pangsa pasar meningkat, kemudian jumlah produk yang dihasilkan juga harus meningkat, termasuk juga tenaga produksi akan meningkat.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan pangsa pasar. Bagaimana caranya? Yuk simak!

Berikut Strategi Memperluas Pangsa Pasar yang Tepat

1.Menjual Produk dan Layanan Pada Pelanggan yang Sudah Ada dengan Peningkatan Jumlah

Analisis segmentasi pasar disini sangat diperlukan guna mengidentifikasi segmen konsumen yang membeli paling banyak.

Dengan cara ini, maka kalian bisa meningkatkan jumlah penjualan kepada konsummen yang sudah ada.

Memperluas Pangsa Pasar untuk Perkembangan Usaha (logique.co.id)

2. Lebarkan Pasar ke Daerah Baru

Di sini memungkinkan kalian akan mencari pelanggan baru yang potensial. Kalian juga membutuhkan riset lapangan disini supaya produk yang dijual akan diterima oleh pelanggan baru.

Kalian juga akan melakukan riset pasar untuk menentukan daerah mana yang akan menjadi target pasar.

3. Targetkan Pasar Serta Pelanggan Baru

Biasanya pebisnis akan memasarkan produknya berdasarkan demografi tertentu seperti usia, jenis kelamin, atau lokasi dll.

Namun, jika hanya itu, tentu kalian tidak akan mendapatkan pelanggan baru yang lebih banyak. Pastinya masih ada lagi pelanggan baru yang bisa memanfaatkan produk kalian.

Cobalah iklankan atau pasarkan produk dengan media yang tepat serta waktu yang tepat pula.

4. Masuk Pada Sistemm Penjualan Baru

See Also

Strategi ini mungkin akan menuntuk kalian untuk memasuki dunia bisnis baru yakni pemasaran online.

Terlebih sudah banyak toko kecil yang kemudian berlalih menjadi besar saat ia berhasil memanfaatkan teknologi dan sistemm pemasaran online.

Dengan media dan strategi online marketing yang baik, maka kalian bisa meningkatkan penjualan tanpa batasan ruang dan waktu.

Selanjutnya, kalian bisa mencoba system delivery yang baru, baik dengan armada sendiri atau dengan jasa pengiriman barang. Selain itu, peningkatan SEO (Search Engine Optimization) juga diperlukan untuk memudahkan pelanggan dunia maya menemukan produk kalian.

5. Tambahkan Produk serta Layanan Baru

Dan yang terakhir yakni tambahkan produk serta layanan baru. Mungkin terdengar sederhana. Namun untuk menjalankan strategi ini dengan serius, dibutuhkan kerja keras.

Kalian harus tahu produk dan layanan apa yang konsummen inginkan. Selain itu, berapa banyak dari mmereka yang mau membayar untuk jumlah produk dan layanan baru ini.

Supaya tidak hanya berangan-angan, riset pasar perlu dilakukan untuk mengetahui apa yang diinginkan pasar serta berapa jumlahnya.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.