Now Reading
Wisata di Cirebon yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Wisata di Cirebon yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Kota Cirebon merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kota ini terletak di pesisir utara Pulau Jawa atau yang lebih dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan antara Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya. Cirebon tentunya memiliki berbagai tempat wisata yang wajib anda kunjungi. Berikut ini beberapa tempat wisata di cirebon dan sekitarnya.

  1. Keraton Kasepuhan

Tempat wisata menarik di cirebon yang pertama merupakan wisata sejarah salah satunya adalah keraton kasepuhan. Keraton ini dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Arifin yang merupakan cicit Sunan Gunung Jati. Keraton Kasepuhan pada awal mulanya bernama Keraton Pakungwati yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan. Keraton ini kemudian berganti nama karena adanya pengembangan wilayah pada masa pemerintahan Pangeran Mertawijaya atau lebih dikenal sebagai Sultan Sepuh Mohammad Syamsudin Mertawijaya. Jika anda berkunjung ke keraton kasepuhan ini anda dapat menikmati berbagai peninggalan bersejarah seperti kereta kencana, gamelan dari tahun 1426, lukisan antik Prabu Siliwangi, rebana peninggalan Sunan Kalijaga, hingga meriam mini. Keraton Kasepuhan berada di Jalan Kasepuhan Nomor 43, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

  1. Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani
Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani

Beralih ke wisata air anda dapat mengunjungi Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani (TAIS) yang dikenal sebagai taman hiburan anak pada dekade 90-an. Taman Ade Irma Suryani (TAIS) sempat terabaikan hingga kemudian diperbarui dan diubah menjadi waterpark yang diberi nama Cirebon Waterland. Cirebon Waterland pertama kali dibuka pada tahun 2014. Yang menjadi daya tarik dari Cirebon Waterland adalah adanya pondok ikonik seperti yang terdapat di Dusun Bambu Lembang dan restoran dengan gaya kapal laut. Cirebon Waterland berlokasi di Jalan Yos Sudarso 1, Lemahwungkuk, Cirebon. Objek wisata ini dibuka setiap hari pada pukul 07:00 hingga pukul 21:00 dengan harga tiket masuk taman ade irma cirebon sebesar Rp50.000 dan Rp65.000 khusus pada akhir pekan.

 

  1. Telaga Remis
Telaga Remis

Jika anda berminat berkunjung ke wisata alam cirebon dengan pemandangan yang menyejukkan mata dan udara yang segar untuk menyegarkan badan dan pikiran anda dapat berkunjung ke telaga remis. Telaga remis merupakan tempat wisata dengan pemandangan khas gunung ciremai dengan luas wilayah sebesar 5 ha. Telaga remis berlokasi sekitar 20 km dari pusat kota. Konon, telaga remis merupakan tempat pertapaan raja siliwangi. Dinamakan remis karena dalam bahasa sunda berati embun. Untuk melengkapi wisata anda dan keluarga, Telaga Remis kini juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang seperti camping ground, kamar mandi, warung, gazebo, dan lahan parkir.

Jangan lupa kunjungi tempat-tempat tersebut jika anda berkunjung ke Cirebon.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top