Mobil Listrik Terbaru yang Dikabarkan Akan Masuk Indonesia

Teknologi semakin hari mengalami kemajuan tak terlepas pada bidang otomotif. Teknomolo otomotif yang sedang banyak dilirik pada masa kini salah satunya adalah mobil listrik. Mobil listrik dipercaya mampu mengurangi konsumsi bahan bakar minyak dan menjadikan lebih ramah lingkungan karena tak ada gas pembuangan seperti pada mesin dengan tenaga bagan bakar minyak. Tak hanya mengurangi polusi udara, mobil listrik juga diklaim mampu mengurangi polusi suara karena mesin yang menggunakan bahan bakar listrik tidak menghasilkan suara yang kencang. Indonesia sendiri sudah mulai melirik industri mobil listrik.

Berikut ini beberapa mobil listrik dan hybrid plug in yang kabarnya siap jual di Indonesia.

  1. Toyota Prius Plug-in Hybrid

Mobil ini merupakan salah satu teknologi kendaraan ramah lingkungan yang dihadirkan perusahaan toyota di pasar global. Berbeda dengan Prius standar, mobil ini baterainya bisa dicas menggunakan colokan listrik. Prius PHEV mempunyai jangkauan mencapai 68,2 km dengan tingkat efisiensi yang baik karena didukung oleh penggunaan material yang ringan seperti carbon fiber-reinforced plastic (CFRP) pada pintu bagasi belakang yang dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih luas kepada mereka yang menginginkan mobil hybrid dengan jangkauan jelajah EV mode yang lebih jauh, dan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi. Selain itu, Prius PHEV juga mampu mencapai kecepatan maksimal 135 km per jam. Pengisian baterai juga tersedia sistem pengisian baterai pada mobil dalam mode cepat dengan waktu 20 menit untuk mencapai kapasitas baterai 80%.

Toyota Prius plugin hybrid
  1. Mitsubishi Outlkander Sport PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV memiliki mesin, motor listrik pada roda depan dan belakang, serta baterai. Outlander PHEV tercatat sebagai teknologi terbaru mobil SUV plug in hybrid pertama di dunia. Mobil ini memiliki teknologi 4WD yang disebut S-AWD, sistem keamanan terbaik dan stabil. Selain itu, mobil ini juga dikabarkan irit bahan bakar. Pada tahun 2014, seorang pengendara Swiss pernah menjelajah sampai 700 km dengan Outlander PHEV. Bensin yang dia butuhkan saat itu hanya berkisar 40,55 liter yang artinya satu liter bensin bisa menempuh jarak sekitar 17 km.

See Also

Mitsubishi PHEV
  1. Mitsubishi i-MiEV

Selain Outlander PHEV, Mitsubishi juga memiliki mobil listrik murni yaitu Mitsubishi i-MiEV. Mobil ini sudah dipasarkan di negara Jepang sejak Juli 2009. Di Eropa i MiEV juga sudah mulai di pasarkan pada akhir 2010. Sedangkan di Indonesia sendiri iMiEV menjadi kendaraan listrik pertama yang memperoleh registrasi plat hitam sejak tahun 2011 guna mendukung rencana KTB dan memasyarakatkan manfaat mobil listrik.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.