Now Reading
Tradisi Lebaran di Dunia yang Unik dan Menarik

Tradisi Lebaran di Dunia yang Unik dan Menarik

Cara merayakan Hari Raya Lebaran setiap negara memiliki budaya dan tradisi yang berbeda-beda. Salah satu tradisi daerah di indonesia ada mudik atau pulang kampung yang dilakukan menjelang hari lebaran atau pada saat lebaran sebagai tradisi untuk mengunjungi keluarga besar dan silaturahmi. Selain mudik masih banyak lagi tradisi yang dilakukan di Indonesia ketika lebaran. Tak hanya berkumpul bersama keluarga, makanan pada saat lebaran juga memiliki khasnya masing-masing. berikut ini beberapa tradisi lebaran di beberapa negara yang unik dan meriah.

  1. Malaysia

Negara tetangga ini memiliki tradisi yang bisa dibilang mirip dengan Indonesia. pada saat lebaran, makanan khas di Malaysia yaitu ketupat dan rendang yang mirip seperti di Indonesia juga ada tradisi lebaran di malaysia yaitu mudik ke kampung halaman atau lebih di kenal dengan istilah “balik kampung” oleh masyarakat setempat. Masyarakat Malaysia juga melakukan silaturahmi dengan sanak saudara, di mana yang lebih muda memberikan hormat kepada yang lebih tua.

Bersilaturahmi mengunjungi sanak saudara
  1. Arab Saudi

Di Arab Saudi perayaan Lebaran dimulai dengan Shalat Ied, lalu makan bersama keluarga, setelah itu barulah mereka pergi untuk mengunjungi dan bersilaturahmi dengan sanak saudara serta tetangga. Arab Saudi biasanya merayakan Hari Raya Lebaran dengan mengadakan pertunjukkan seni seperti pagelaran teater, pembacaan puisi, parade musik, tari, dll yang bertujuan untuk memeriahkan hari yang sudah ditunggu-tunggu masyarakat selama setahun. hidangan hari raya idul fitri yang pasti selalu tersedia di meja makan adalah daging domba.

Lebaran di Arab Saudi
  1. Turki

Yang unik pada perayaan Lebaran di Turki adalah hanya kaum pria saja yang akan pergi ke masjid untuk melakukan Shalat Ied sedangkan kaum perempuan hanya berdiam di rumah. suasana lebaran di turki sama seperti di Indonesia, masyarakat Turki akan berkeliling dari rumah ke rumah untuk memberikan salam dan yang lebih muda akan memberikan hormat kepada yang lebih tua dengan cara mencium tangan atau bersujud di hadapan mereka. Sebagai balasannya, mereka akan diberikan hadiah berupa coklat, permen, uang koin, atau makanan tradisional Turki seperti Lokum dan Baklava.

See Also

  1. China

Seperti biasa, setelah Shalat Ied, umat Muslim di China akan bersilaturahmi dan makan bersama dengan keluarga dan tetangga terdekat. kemeriahan perayaan Hari Raya Idul Fitri yang paling terasa ada di daerah Xinjiang dan Yunnan yang dihuni oleh masyarakat yang mayoritas beragama Islam. Mereka juga melakukan ziarah dan berdoa yang ditujukan untuk umat Muslim yang meninggal pada masa pemerintahan Dinasti Qing dan Revolusi Kebudayaan.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.