Now Reading
Pengaruh Ban mobil beda ukuran dengan ban cadangan

Pengaruh Ban mobil beda ukuran dengan ban cadangan

Ban adalah satu-satunya komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, karenanya memiliki peran yang vital. Makanya, bila salah satu dari empat roda berbeda sedikit saja, efeknya bisa langsung terasa.Efek yang bakal terjadi ketika kita menggunakan ban cadangan yang ukurannya berbeda dengan ukuran standar ban mobil yaitu masalah traksi ban terhadap permukaan jalan.

Perbedaan ukuran ban mobil, ban cadangan yang lebih kecil, tidak akan sanggup meredam tekanan berlebih yang diberikan mobil, terutama ketika mengerem. Apalagi, bila ban cadangan yang lebih kecil tersebut diletakkan di depan, dengan lebar tapak yang lebih sempit, ban tersebut akan kewalahan menahan tekanan traksi ketika mobil harus menikung. Lebih fatal lagi kalau bukan hanya lebar tampaknya lebih sempit, tapi juga ukuran diameternya berbeda dengan standar, itu bisa jauh lebih berbahaya lagi, tidak hanya pada keselamatan, tapi juga komponen mobil lainnya.

Ban mobil beda ukuran

Ban beda ukuran tentu tidak sesuai dengan final gear mobil, yang menimbulkan efek lain yaitu mobil jadi jingjit. Kondisi tersebut, bila dibiarkan lama-lama bisa merusak sistem penggerak roda, terutama yang menganut sistem All Wheel Drive.
Ban berbeda diameter jelas akan merusak ritme All Wheel Drive. Karenanya, dalam kondisi darurat, memang akan lebih baik yang lebar tapaknya berbeda, dibandingkan dengan diameternya berbeda dengan ukuran ban ideal, meskipun itu hanya digunakan saat darurat saja.selain hal-hal yang disampaikan sebelumnya, yang perlu dipahami dari merek yang berbeda yaitu janji dari setiap brand. Hal ini berkaitan masing-masing merek ban memiliki kelebihan berbeda.

Ban mobil beda ukuran

Bila dalam keadaan yang sangat tidak mendukung mendapat ukuran ban yang pas. Kasus modifikasi pada kendaraan bisa jadi referensi.Kalau ukuran tidak sama, maka seperti modifikasi yang depannya di buat kecil dibanding belakang, meski akan terkesan nungging. Meski untuk modifikasi, tetap harus memperhatikan batasan wajar. Sebab penggunaan ban berbeda ukuran tentu memiliki resiko. Perbedaan ukuran, tentu membuat performa dan handlingnya berubah. Artinya kita harus tahu batasan dan taraf keamanan yang ada.

See Also

Adapun ban cadangan yang disediakan pabrikan hanya bersifat sementara. Karena pada dasarnya pemilik harus segera mencari bengkel terdekat dan menyesuaikan kembali ukuran ban. Tapak ban cadangan biasanya lebih kecil. Karena ban ini memang tidak dirancang untuk harian. Meski demi kelanjaran perjalanan anda juga perlu mempertimbangan mesin mobil anda ya.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.