Now Reading
Rekomendasi Tarikan Senar Raket Bulu Tangkis untuk Semua Level Pemain

Rekomendasi Tarikan Senar Raket Bulu Tangkis untuk Semua Level Pemain

Rekomendasi Tarikan Senar Raket Bulu Tangkis untuk Semua Level Pemain-saif71-com-unsplash

Denotasi – Sebagai pemula yang bermain olahraga bulu tangkis sebaiknya memperhatikan tarikan senar raket yang ingin digunakan. Agar permainan bisa berkembang faktor tersebut berpengaruh pada kualitas permainan. Lalu, seperti apa tarikan senar raket bulu tangkis untuk pemula yang tepat dan nyaman?

Tarikan Senar Raket Bulu Tangkis untuk Pemula

Perlu diketahui, tarikan senar adalah tingkat kekencangan senar yang diterapkan pada raket bulu tangkis. Ukuran yang dipakai dalam tarikan senar adalah satuan poundage (lbs). Satuan tersebut digunakan untuk menentukan tinggi atau rendahnya tegangan senar raket.

Tarikan senar raket menjadi sangat penting bagi pemain mengingat senar raket berfungsi sebagai media pemantul bola bulu bulu tangkis. Semakin kencang tarikan senar raket maka semakin keras pula senar raket, dengan begitu akurasi dan kontrol raket akan makin tinggi.

Jika tarikan senar raket rendah, maka kekuatan pukul naik, akan tetapi akan berpengaruh pada akurasi dan kontrol raket yang turun. Namun kekuatan pukulan jadi tidak besar sehingga beban pada pergelangan tangan dan lengan tidak terlalu besar.

Tarikan senar raket olahraga bulu tangkis pada dasarnya berbeda-beda, tergantung pemakai. Namun tingkat kekencangan tarikan senar raket antara pemula hingga profesional pun berbeda. Berikut ini rekomendasi tarikan senar raket bulu tangkis untuk pemula hingga profesional.

  • Tarikan Senar Raket Pemula (Beginner)

Banyak yang menyarankan tarikan senar raket badminton pemula atau begginer adalah di bawah 20lbs. Namun ada pula yang menyarankan maksimal 22lbs. Pertimbangan tersebut didasarkan pada kebutuhan pemain pemula agar menguasai teknik dasar lebih dulu.

  • Tarikan Senar Raket Pemain Menengah (Intermediate)

Pemain badminton level menengah boleh menggunakan tarikan senar raket dari 20 sampai 24lbs. Angka tersebut akan membantu pemain meningkatkan akurasi pukulan.

  • Tarikan Senar Raket Pemain Tingkat Lanjut (Advance)

Beberapa pemain tingkat lanjut lebih nyaman menggunakan tarikan senar raket mulai 24 hingga 27lbs. Namun ada pula yang menggunakan tarikan 22-23lbs. Tekanan di angka tersebut memungkinkan pemain mengaplikasikan teknik pukulan yang variatif.

Tarikan Senar Raket Pemain Tingkat Profesional

Pemain bulu tangkis profesional akan menggunakan tarikan senar raket antara 27-30lbs+. Patut diperhatikan, makin tinggi tingkat tarikan senar raket maka akurasi pukulan juga makin baik pula. Namun beban di tangan juga sebanding. Sebagai contoh, atlet badminton Tanah Air Kevin Sanjaya menggunakan tarikan senar raket antara 33-35.

See Also
Profil Megawati Hangestri si Ninja Berkerudung

Cara Atlet Mengukur Tingkat Permainan

Sebagai seorang pemain bulu tangkis, kadang seseorang bingung berada di tingkat berapa mereka. Berikut ini cara atlet mengukur tingkat permainan.

  • Pemula

Pemain bulu tangkis pemula lebih ditekankan untuk mengetahui teknik dasar. Dalam permainan, pemula belum perlu mengeluarkan tenaga besar untuk memukul bola bulu.

  • Menengah

Atlet di tingkat ini biasanya sudah mulai menggunakan energi besar sekaligus mampu kontrol bola. Pemain tingkat menengah mulai berani menyerang.

  • Profesional

Pemain profesional biasanya mahir mengontrol kekuatan, punya akurasi tembak tinggi, dan bisa memutuskan kapan menyerang atau bertahan.

© 2023 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top