Now Reading
Cemilan untuk lebaran yang wajib ada di meja hidangan anda

Cemilan untuk lebaran yang wajib ada di meja hidangan anda

Lain musim, lain juga jenis cemilannya. Saat ramdhan anda pasti menemui banyak sekali cemilan yang cocok untuk takjil yang didominasi dengan jajanan pasar. Ketika ramdhan berakhir itu menjadi tanda anda harus beralih ke kue-kue kering yang cocok menjamu keluarga maupun tamu yang datang. Cemilan khas lebaran memang identik dengan kue kering, ringan, praktis dan tahan lama. Berikut ini ada beberapa cemilan lebaran yang bisa kamu jadikan pilihan.

  1. Nastar

Bagi banyak orang, lebaran kurang lengkap rasanya tanpa kehadiran nastar. hidangan kue lebaran peninggalan kolonial Belanda ini menjadi satu menu khas yang populer di seluruh Indonesia dan sebagian negeri Asia Tenggara lainnya. Nastar atau “nanas tart” memiliki rasa lembut, manis, dan sangat nikmat. Meskipun kini tersedia sepanjang tahun, menikmati nastar memang paling ikonik saat Lebaran maupun hari raya lainnya. Selain nikmat, kue ini juga cukup berkelas untuk menjamu tamu.

Nastar
  1. Kastengel

Ada nastar berarti ada kastagel. Kue satu ini memang tak bisa dipisahkan dari kue nastar. Kalau nastar adalah versi manisnya, kaasstengels cenderung termasuk resep cemilan asin. orang Indonesia biasa menuliskannya kastengel alias kue keju — adalah satu jenis kudapan hari raya yang sama populernya. Keju untuk kue ini berasal dari jenis yang sudah agak tua umurnya, kemudian dicampur dan juga diparut di atas setiap kukisnya. Setelah dipanggang, teksturnya renyah dan begitu gurih. Pasti bawaannya ingin tambah terus!

  1. Rengginang

Kalau dua di atas menawarang rasa kue kering, cemilan hari raya anda makin lengkap dengan yang renyah-renyah. Rengginang terbuat dari nasi ketan yang dibumbui gurih dan kemudian dibentuk bulat dan tebal. Setelah dijemur, rengginang kemudian digoreng hingga renyah dan rasanya begitu gurih dan nikmat. Tapi uniknya, meskipun kalah pamor dengan yang asin, rengginang juga memiliki versi manisnya.

See Also

Rengginang gurih cemilan untuk lebaran
  1. Biji Ketapang

Meski namanya demikian, kue ini bukanlah biji dari pohon ketapang asli. Dinamakan biji ketapang karena bentuknya mirip. Kue biji ketapang, pilihan klasik Lebaran khas Betawi. Kue biji ketapang adalah sahabatnya dodol Betawi dan dua-duanya sering tersedia saat Lebaran. Resep Kue biji ketapang ini terbuat dari campuran tepung terigu, telur, mentega, gula, santan, dan parutan kelapa agar lebih renyah. Kalau kue umumnya dipanggang, tapi biji ketapang ini justru digoreng. Rasanya manis dan gurih.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.