Kepiting saus tiram sang primadona olahan seafood

Bagi yang memang tidak memiliki riwayat alergi, siapa sih yang nggak tergila-gila sama seafood. Salah satunya adalah kepiting yang menggiurkan untuk dimasak. aneka masakan kepiting bisa anda nikmati di rumah atau restoran, dan kepiting saus tiram masih menjadi primadona olahan seafood. Nah, daripada repot kalau mau makan kepiting harus ke restoran dan bayar mahal, lebih baik coba sendiri cara memasak kepiting sendiri di rumah yuk.

Kepiting saus tiram

Cara mengolah kepiting sebelum dimasak

Sebelum kepiting direbus, bersihkan dahulu dengan air yang dicampur cuka. Lalu buang beberapa bagian yang tidak dimakan. Setelah kepiting bersih, rebus kepiting selama 15 – 30 menit dengan posisi kaki menghadap ke bawah panci. Kepiting mulai matang jika berwarna oranye terang. Ketika kepiting sudah matang, tempatkan dulu dalam air dingin selama beberapa saat untuk menghindarkan daging kepiting tidak terlalu matang. Kemudian angkat kepiting dan potong menjadi beberapa bagian agar lebih mudah saat dimakan. Kamu juga bisa mencampur air untuk merebus dengan tambahan bumbu seperti garam, serai, daun salam. Bumbu-bumbu ini berguna untuk menghilangkan bau amis pada kepiting dan membuat olahan kepiting kepiting jadi lebih gurih. Setelah direbus, tiriskan kepiting dan tunggu agak dingin. Jika suhu tubuh kepiting sudah agak dingin, buang isi perut dan insangnya. Kamu bisa membuka cangkang dan membersihkan bagian perutnya yang berwarna hijau sampai bersih.

Cara memasak kepiting

See Also

Jika sudah melalui tahapan di atas, anda siap memasak kepiting saus tiram.  Bahan yang disiapkan kepiting segar, saus tomat, saus tiram,saus sambal botolan, cabai merah yang sudah digiling (tidak juga tidak apa-apa), Merica bubuk secukupnya, Air secukupnya Gula, pasir secukupnya, Garam dan penyedap secukupnya, Minyak Goreng secukupnya,5 biji cabai rawit merah (tumis layu)  bawang merah (tumis), bawang putih (tumis), 2 cm jahe, (haluskan). Setelah bumbu kepiting telah siap Rebus Kepiting sampai matang, lalu belah Kepiting menjadi 2 bagian. Panaskan wajan yang berisi minyak goreng, kemudian masukkan semua bumbu halus di tumis sampai harum. Tambahkan saos tiram, saos tobat, cabai merah giling dan sisa bahan lainnya aduk hingga merata. Masukkan kepiting rebus, aduk-aduk hingga merata, dan masak sampai kuahnya sedikit mengental agar bumbu meresap kedalam daging kepiting. Jika sudah matang, angkat dan sajikan diatas piring atau mangkuk saji. Santap selagi masih hangat.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.