Now Reading
Inilah Daftar Jalan Tol yang Akan Beroperasi Ketika Mudik Lebaran

Inilah Daftar Jalan Tol yang Akan Beroperasi Ketika Mudik Lebaran

PT Jasa Marga (Persero) telah memastikan bahwa akan ada sejumlah jalan tol yang dapat difungsikan ketika mudik lebaran pada 2019 ini. Jalan tol yang akan beroperasi pada mudik lebaran nanti berada di berbagai pulai di Indonesia.

Corporate Communications Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti mengungkapkan bahwa salah satu jalan tol fungsional yang sudah dapat beroperasi adalah Jalan Tol Manado-Bitung seksi I segmen Air Madidi – Watudambo. Jalan tol fungsional nantinya sepanjang 12 km.

Tol Manado-Bitung terbagi menjadi 2 seksi, yakni Seks I Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi dengan panjang 14 km. Untuk seksi II Air Madidi-Bitung dengan panjang 14 km.

Arus mudik lebaran 2018

Tol tersebut memiliki 5 simpang susun, antara lain simpang susun Sukur, simpang susun Kauditan, simpang susun Air Madidi, simpang susun Bitung, dan simpang susun Danowudu.

Pembangunan Seksi I Tol Manado-Bitung apabila melihat rencanan target pembangunan selsesai pada Mei 2019. Sedangkan Seksi II Tol Manado-Bitung akan selesai pada Desembar 2019.

Sementara Pulau Kalimantan sedang dalam proses pembangunan yakni Tol Balikpapan-Samarinda. Namun yang beroperasi baru sekitar 57 kkm yang menghubungkan Samarinda hingga Samboja.

Tol Manado-Bitung

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terdiri dari 5 seksi. Seksi I dimulai km 13 hingga Samboja dengan panjang 22 km. Seksi II dimulai dari Samboja hingga Muara Jawa dengan panjang 30,9 km.

See Also

Kemudian seksi III dimulai dari Muara Jawa hingga Palaran dengan panjang 17,3 km. Seksi IV dari Paran hingga Jembatan Mahkota II dengan panjang 17,5 km. Dan yang terakhir seksi V mulai dari km 13 hingga Bandara Sepinggan dengan panjang 11,5 km.

Untuk Pulau Sumatera terdapat jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Ruas Tol yang dapat digunakan secara fungsional ketika mudik lebaran adalah yang menghubungkan Sei Rampah hingga Tebing Tinggi dengan panjang 9,3 km.

Sementara untuk Pulau Jawa. Tol Pandaan-Malang dan ruas Pandaan-Singosari di Jawa Timur sepanjang 30,6 km direncakan dapat difungsikan untuk mudik lebaran. Selain itu terdapat Tol Pasuruan Probolinggo dan ruas Grati-Probolinggo dengan panjang 31,3 km.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top