Kementerian ESDM: 1.000 Lampu Untuk Warga Miskin Sumedang

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyerahkan 1.000 lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) untuk masyarakat miskin yang berada di Sumedang. Selain itu, Kementerian ESDM juga memberikan 150 Penerangan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) untuk fasilitas umum di Kabupaten Sumedang.

Lampu tenaga surya

Pemberian LTSHE tersebut dikhususkan untuk keluarga miskin yang belum mendapatkan listrik. Selain itu hal tersebut merupakan komitmen dari pemerintah dalam mengaliri listrik hinggu ke seluruh negeri.

Dirjen Kelistrikan Rida Mulyana mengungkapkan bahwa ini merupakan bagian kecil dari komitmen pemerintah untuk mengejar rasion elektrifikasi. Selain itu pemerintah juga berkomitmen untuk memberikan harga energi listrik yang terjangkau untuk masyarakat.

Rida menambahkan bahwa pemerintah melalui Kementerian ESDM melakukan tiga pendekatan. Pertama untuk masyarakat yang tinggal di wilayah yang berdekatan dengan instalasi tenaga listrik dengan cara perluasan jaringan listrik PLN dari desa berlistrik terdekat.

Kedua, untuk masyarakat yang tinggal bersama dalam wilayah desa, namun jauh dari instalasi tenaga listrik yang ada. Solusi yang dilakuakan oleh Kementerian ESDM adalah dengan membangun mitcogrid offgrid.

Ketiga, untuk masyarakat yang terpancar di suatu wilayah dan jauh dari instalasi tenaga listrik. Solusi yang dilakukan adalah dengan mengaliri listrik dengan memberikan LTSHE.

See Also

Menurutnya, cara-cara tersebut telah mendapatkan hasil yang positif. Hal ini dapat dilihat dari rasion elektrifikasi yakni perbandingan rumah tangga berlistrik dengan total rumah tangga lebih meningkat. Pada akhir tahun 2018, rasio elektrifikasi nasional mencapai 98,3%. Sementara rasio elektrifikasi Provinsi Jawa Barat mencapai 99% dan merupakan tertinggi di angka nasional. Untuk Kabupaten Sumedang rasio elektrifikasi mencapai angka 99%.

Penyerahan LTSHE dan PJU-TS disambut baik oleh masyarakat Sumedang. Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengungkapkan bahwa di wilayahnya masih terdapat 5.054 rumah tangga miskin yang belum dialiri listrik. Dony berharap bahwa warganya harus segera teraliri listrik mengingat terdapat beberapa lokasi yang ongrid maupaun offgrid.

Pemerintah Kabupaten Sumedang siap untuk melakukan pendataan mulai dari nama dan alamat calon penerima LTSHE. Kelistrikan di wilayah Sumedang saat ini disuplai oleh GITET 500 kV Tasikmalaya dan Pembangkit Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang, PLTP Drajat dan PLTP Wayang Windu. Untuk kedepannya pemerintah akan bekerja sama dengan PT PLN akan berencana membangun PLA Jatigede dengan kapasitas 2x55MW dan direncakan akan beropasi pada 2020.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.