Now Reading
WNI di Los Angles Antre Nyoblos Hingga Dini Hari

WNI di Los Angles Antre Nyoblos Hingga Dini Hari

Antusiasme warga negara Indonesia dalam Pemilihan Umum 2019 di Los Angles, Amerika Serikat ternyata tidak kalah seperti halnya di Tanah Air. Hal ini terbukti dari banyaknya antrean saat akan mencoblos bahkan mereka bersedia mengantre hingga dini hari.

Data dari KJRI Los Angeles, pesta demokrasi tersebut selesai hingga pukul 01.00 waktu setempat Antusiasme masyarakat Indonesia yang berada di Los Angeles dalam menentukan hak pilihnya meningkat signifikan dibandingkan pada Pemilu 2014.

Ilustrasi Pemilu 2019

Salah satu WNI bernama Kristie mengungkapkan bahwa dirinya antre hingga 4 jam untuk menentukan hak pilihnya. Meski melelahkan Kristie mengaku hal tersebut menyenangkan. Ia juga mengapresiasi WNI yang mau antre dengan tertib, dan pihak penyelenggara juga memberikan pelayanan yang baik. Pihak keamanan setempat juga membantu mengamankan pesta demokrasi tersebut.

Para Wni yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau disebut dengan Daftar Pemilih Khusus (DKP) antre hingga luar kompleks gedung KJRI Los Angeles. Antrean panjang sudah terlihat mulai pukul 18.30 waktu setempat.

Pencoblosan khusus untuk DPK dibuka untuk satu jam terakhir atau mulai pukul 20.00 waktu setempat. Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 11 tahun 2018 dan Nomor 37 tahun 2018.

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Los Angeles, Metta Surya mengungkapkan bahwa DPK yang mencoblos di kedua TPS berjumlah 399 orang atau meningkat empat kali lipat dibandingkan pada Pemilu 2014. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat dari jumlah DPT yang hadir. Untuk jumlah DPT sendiri sebanyak 243 dari total DPT 602.

See Also

Antrean pemungutan suara di Los Angeles

Sementara Ketua Panwaslu Los Angeles, Zezen Z. Mutaqin mengungkapkan bawa pelayanan kepada DPK dilakukan selama persediaan surat suara masih tersedia. Itu yang menyebabkan ada beberapa TPS yang masih melayani warga untuk mencoblos hingga dini hari. Meski sesuai jadwal pencoblosan dijadwalkan mulai pukul 12.00 hingga 21.00, namun karena animo masyarakat yang datang untuk menentukan hak suaranya meningkat maka hal tersebut menyebabkan TPS buka hingga dini hari.

WNI yang mengikuti pesta demokrasi 2019 di Los Angeles diperkirakan mencapai lebih dari seribu orang. Pihak penyelenggara telah menyediakan panggung hiburan, stan makanan, stan pakaian, dan pojok anak.

PPLN Los Angeles menetapkan Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPT LN) Pemilu 2019 sebanyak 12.984 pemilih dimana 12.384 di antaranya terdaftar menggunakna metode POS. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar di seluruh DPT di wilayah Amerika Serikat.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top