Now Reading
Serikat Pekerja Nasional Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019

Serikat Pekerja Nasional Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019

Serikat Pekerja Nasional (SPN) mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pada Pemilihan Presiden 2019. SPN yakin bahwa pasangan Jokowi-Ma’ruf mampu mensejahterakan kaum buruh.

Serikat Pekerja Nasional

Ketua Umum DPP SPN Djoko Heriyono di Posko Cemara mengungkapkan bahwa visi yang disampaikan Jokowi lebih peduli terhadap buruh dan Jokowi memiliki komitmen dalam pembangunan nasional melalui penguatan sumber daya manusia dan kualitas pekerja.

Alasan lain SPN mendeklarasikan dukung Jokowi-Ma’ruf adalah karena banyak pekerja atau anggota dari SPN yang memilih Jokowi melanjutkan pemerintahan hingga dua periode. Djoko mengaku dari 341.868 anggota, setidaknya 73 persen anggotanya akan memilih Jokowi-Ma’ruf.

Pasangan Jokowi-Ma’ruf

Sebelum mengambul keputusan mendukung salah satu paslon, Djoko telah melakukan mendatangai berbagai daerah, khususnya di Pulau Jawa. Menurutnya kalangan bawah banyak yang berminat untuk mendukung Jokowi-Ma’ruf.

Anggota SPN banyak yang menjadi calon legislatif dan mayoritas berada di partai pendukungan paslon 01. Ini menjadi salah satu dasar mengapa SPN bersikap untuk menentukan pilihan calon presden dan wakil presiden. Dengan dasar tersebut pula SPN mangaku mampu menyumbangkan 70-73 persen suara dari anggota SPN untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Keputusan tersebut berseberangan dengan keputusan Konferedasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang telah mendeklatasikan mendukung paslon 02. SPN sendiri menjadi salah satu feredasi di dalam KSPI.

See Also

Perbedaan sikap dari SPN tersebut lantara SPN merasa hanya dijadikan komoditas politik semata tanpa mempertimbangkan realitas yang ada. Selain itu, KSPI juga tidak memperhatikan nilai-nilai perjuangan buruh. Bahkan KSPI dianggap hanya mengambil keputusan sepihak.

Sebelumnya KSPI hanya melakukan perwakilan dalam keputusan rapat secara sepihak. Artinya tidak ada pembahasan mengenai visi-misi paslon sehingga hal tersebut menjadi keputusan sepihak atau keputusan yang dipaksakan.

Meski pemilu tinggal beberapa hari lagi, SPN merasa pihaknya harus menyatakan sikap politik untuk kepentingan bangsa. Dukungan tersebut sekaligus sebagai simbol perjuangan para SPN untuk memperkuat posisi tawar bagi para buruh dalam agenda pembangunan sumber daya manusia yang diusung oleh Jokowi-Ma’ruf. Selain itu, paslon 01 juga diyakini dapat mensejahterkan masyarakat bawah dan menjaga keadilan sosial.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.