Now Reading
Inilah Penyebab Mengapa Perut Bunyi Ketika Lapar

Inilah Penyebab Mengapa Perut Bunyi Ketika Lapar

Dalam menjalankan ibadah puasa tentu orang akan merasakan lapar ketika siang hari. Ini karena ketika berpuasa, orang hanya diperbolehkan makan ketika buka puasa, yakni setelah adzan maghrib hingga menjelang subuh.

Perut yang lapar biasanya akan menimbulkan suara keroncongan. Terkadang suara tersebut mengganggu dan ketika Anda beraktivitas. Lalu apa yang menyebabkan perut bunyi ketika lapar?

Pada dasarnya perut bunyi ketika merasa lapar merupakan hal yang wajar. Namun perlu dipahami bahwa perut yang bunyi terus menerus juga dapat menjadi salah satu gejajal sebuah penyakit.

Seorang pria merasakan lapar

Secara medis perut yang bunyi karena lapar dikenal dengan istilah borbogimi atau dalam bahasa Yunani berarti gemuruh. Penyebab perut bunyi juga tidak hanya ketika merasa lapar melainkan jika seseorang mecium bau makanan.

Selain itu, perut juga akan menimbulkan bunyi karena adanya gerakan pada organ dalam perut. Baik ada makanan maupun saat perus dalam kondisi kosong.

Organ-organ pencernaan yang bergerak seperti lambung, usus halus, dan usus besar juka dapat menimbulkan perut bunyi atau keroncongan. Gerakan organ dalam tersebut disebut dengan peristaltik, yakni suatu gerakan yang tidak disadari dan langsung diatur oleh otak.

Ilustrasi saluran pencernaan

Jika melihat secara medis, saluran pencernaan manusia mulai dari mulut hingga usus besar merupakan salurah organ dalam yang hampa udara. Saluran tersebut memiliki dinding yang diri dari otot-otot poos.

See Also

Ketika dinding tersebut bekerja maka akan menimbulkan gerakan peristaltik. Gerakan seperti meremas-remas tersebut bertujuan untuk mendorong makanan, cairan, serta gas agar masuk ke dalam.

Seperti ogan jantung yang dapat memompa darah, gerakan dari saluran pencernaan juga tidak disadari karena adalanya potensial listrik yang dilakukan oleh sel agar menimbulkan kontraksi. Biasanya ritme tersebut terjadi 3 kali dalam 1 menit di lambung dan 12 kali dalam 1 menit pada usus halus.

Suara perut bunyi atau keroncongan berasal dari dinding lambung dan usus halus yang berkontraksi. Organ tersebut bekerja mencerna makanan, cairan, dan gas untuk didorong ke saluran berikutnya.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.