Now Reading
Mengenal Asuransi Jiwa, Fungsi dan Manfaatnya

Mengenal Asuransi Jiwa, Fungsi dan Manfaatnya

Mengenal Asuransi Jiwa, Fungsi dan Manfaatnya

Denotasi.com – Tahukah Anda, menjadi nasabah sebuah asuransi akan sangat menguntungkan karena banyak fungsi dan manfaatnya.

Seperti halnya asuransi jiwa fungsi & manfaatnya, Anda bisa langsung cek dalam artikel di bawah ini.

Untuk mempermudah pembelian asuransi jiwa atau produk proteksi lainnya, dapat melakukannya secara online.

Jika Anda pencari nafkah utama, maka harus mencari asuransi online terbaik dan aman untuk masa depan keluarga.

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa ialah jenis asuransi yang paling banyak dipilih oleh nasabah. Asuransi ini akan menguntungkan nasabah secara pribadi maupun keluarga. Layanan asuransi jiwa digunakan sebagai tameng pelindung bagi kerugian finansial seseorang atau keluarga akibat kematian pencari nafkah keluarga atau tertanggung.

Asuransi jiwa digunakan sebagai wujud antisipasi untuk keluarga yang ditinggalkan. Pasalnya, mereka tentu membutuhkan dukungan finansial pasca kematian tertanggung.

Mengenal Asuransi Jiwa, Fungsi dan Manfaatnya
Mengenal Asuransi Jiwa, Fungsi dan Manfaatnya

Jenis dan Fungsi Asuransi Jiwa

Inilah beberapa jenis asuransi jiwa serta fungsinya untuk Anda pahami agar tidak salah pilih nantinya.

1. Asuransi Jiwa Berjangka – Term Life

Jenis asuransi jiwa yang satu ini berfungsi memberikan proteksi kepada pemegang polis dalam jangka waktu tertentu. Sistem pertanggungan yang digunakan memiliki batas waktu mulai dari 5 tahun hingga 20 tahun.

Batas waktu tersebut sesuai dengan penawaran yang diberikan oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya premi asuransi ini juga lebih terjangkau, kira-kira Rp250.000 per bulan.

Meskipun cukup murah tapi pertanggungannya maksimal bahkan mencapai milyaran rupiah. Kekurangannya terletak pada premi yang bisa saja hangus apabila tidak diklaim selama polis masih berlaku.

2. Asuransi Jiwa Whole Life

Proteksi asuransi ini diberikan seumur hidup kepada pemegang polis yakni 99 tahun atau 100 tahun. Hal itu dikatakan seumur hidup karena rata-rata usia masyarakat Indonesia adalah 70 tahun.

Premi akan dikembalikan bersama bunga sebesar 4 persen per tahun. Semuanya diberikan setelah dipotong pajak. Asuransi ini sangat menguntungkan karena tidak akan hangus jika tidak diklaim.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna – Endowment

Jenis asuransi ini menawarkan dua keuntungan yang berupa kolaborasi antara asuransi berjangka dan tabungan pendidik anak serta dana pensiun.

Sebagai orangtua pasti Anda akan berusaha mempersiapkan biaya sekolah anak atau menjamin hidupnya setelah pensiun nanti. Masa berlaku asuransi ini bervariasi, mulai dari 10 tahun hingga usia tertentu seperti 70 tahun.

4. Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi jiwa unit link memiliki dua fungsi yakni sebagai investasi dan proteksi. Besaran preminya lebih tinggi dibandingkan asuransi jiwa lain.

Kelebihannya proteksinya juga sangat besar sehingga dapat menjanjikan berbagai keuntungan termasuk investasi.

See Also
Asuransi Allianz, Keunggulan dan Pilihan Produknya

Manfaat Asuransi Jiwa

Lantas, apa saja manfaat dari asuransi jiwa terlepas dari fungsinya?

1. Pikiran Tenang

Jelas membuat pikiran tenang karena tidak perlu pusing memikirkan masa depan anak dan istri jika suatu saat Anda sebagai pencari nafkah meninggal dunia.

Meskipun bukan segalanya, tapi hampir segalanya butuh uang. Keluarga yang ditinggalkan pasca Anda meninggal tentu akan lebih merasa tenang dengan dana asuransi. Setidaknya mereka dapat membuka usaha untuk melanjutkan hidup pasca kepergian Anda.

2. Keluarga Terlindungi

Keluarga jelas terlindungi karena tidak merasa terbebani dengan berbagai masalah finansial pascakepergian tertanggung. Terutama soal hutang yang Anda miliki, semuanya akan diatasi dengan uang premi asuransi jiwa Anda.

Alhasil Anda tidak akan membebani keluarga dengan hutang semasa hidup. Meskipun asuransi tidak dapat mencegah terjadinya musibah tapi dapat meminimalisir kerugian finansial keluarga duka akibat musibah.

3. Kelola Keuangan Secara Tepat

Asuransi jiwa juga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengalokasikan dana dengan tepat untuk masa depan. Hidup ini butuh perencanaan karena tidak ada satu orang pun yang tahu bagaimana kehidupan di masa yang akan datang.

Jadi, Anda membutuhkan tabungan sebagai wujud persiapan seandainya terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Alhasil Anda akan merasa terbebani dengan premi asuransi setiap bulan dan ‘terpaksa’ menabung. Hasilnya akan membuat Anda lebih tenang ketika terjadi sesuatu nantinya karena keluarga akan terbebas dari beban finansial.

Demikian penjelasan singkat mengenai fungsi dan manfaat dari asuransi jiwa. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa jenis asuransi jiwa untuk persiapan di masa yang akan datang.

© 2022 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top