Now Reading
Kaca Film Mobil yang Bagus Berapa Persen dan Sesuai Peraturan

Kaca Film Mobil yang Bagus Berapa Persen dan Sesuai Peraturan

Kaca film mobil selain berfungsi sebagai pelindung pengemudi dari sengatan sinar mataharai juga sebagai penjaga privasi pengemudi. Namun kaca film mobil tidak bisa asal gelap saja atau juga asal warna kaca film mobil yang bagus saja. Tingkat kegelapan kaca film mobil telah diatur dalam peraturan berkendara di jalan raya. Jika anda ingin memasang kaca film mobil berikut ini cara-cara menentukan tingkat kegelapannya.

  1. Kaca depan

Untuk tingkat kegelapan kaca film bagian depan dianjurkan hanya 20 hingga 40 persen saja demi keselamatan pengemudi. Anda dapat mengatur tingkat kegelapan kaca depan jika 20 persen dirasa masih terang anda bisa menaikkan hingga maksimal 40 persen. Jika anda menggunakan kaca mobil gelap sebesar 40 persen memang pada siang hari tidak terlalu silau namun pada malam hari akan terasa sangat gelap walaupun bisa mengurangi silau dari mobil yang berlawanan arah. Banyak pengemudi yang merasa kaca depan tidak perlu dipasang kaca film karena takut akan mengganggu penglihatan.

Mobil sedang dipasang kaca film
  1. Kaca samping

Tingkat kegelapan kaca samping pengemudi biasanya akan menyesuaikan dengan kaca depan karena jika anda sudah memasang kaca film depan dengan tingkat 40 persen maka sebaiknya anda tidak perlu memasang kaca film pada bagian samping pengemudi karena pada saat mengemudi anda selain melihat ke depan juga akan melihat ke spion. Jika terlalu gelap mata anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menangkap bayangan dari spoion. Jika anda ingin memasang kaca film pada bagian samping pengemudi maka ada baiknya kaca depan tidak perlu dipasang kaca film. Untuk kaca film samping disarankan sebesar 40 hingga 60 persen karena pada siang hari pengemudi akan terlindungi dari silau dan sengatan panas matahari dan ketika malam akan terbantu mengurangi cahaya dari kendaraan lain yang menjadikan anda lebih fokus.

  1. Kaca belakang

Jika bagian spion tengah kabin mobill anda sudah dilengkapi dengan rayben mode maka anda hanya perlu menggunakan kaca film dengan persentase kaca film mobil yang baik sebesar 20 hingga 40 persen saja dan jangan lebih. Namun juka belum dilengkapi dengan rayben maka anda bisa menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan sebesar 60 persen yang berfungsi untuk mengurangi pantulan lampu mobil dari belakang. Sebaiknya anda tidak menggunakan yang sampai 80 persen karena akan menyulitkan ketika anda ingin memundurkan mobil.

See Also

Jika anda masih bingung dan ragu anda dapat berkonsultasi pada mekanik di bengkel yang menyediakan jasa pemasangan kaca film untuk mobil anda berapa persen kaca film mobil yang pas dan tidak melanggar undang-undang.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.