Bagaimana perkembangan Internet di Indonesia sampai tahun 70an

Internet tentu bukan sesuatu yang asing lagi karena penggunaannya sudah meluas dan digunakan bagi semua kalangan usia. Namun tahukah Anda bahwa internet dari waktu kewaktu terus mengalami perubahan dengan seringnya dilakukan riset oleh para ilmuwan mengenai adanya internet. Pada mulanya sudah ada teknologi komunikasi berbasis digital namun belum secanggih internet yang populer dengan nama sistem telegraf. Kemunculan telegraf ini juga  dianggap sebagai awal mula internet. Lalu bagaimana tahap-tahap adanya internet sampai di tahun 70an?

Tahun 1958 – 1965

perkembangan internet di Indonesia

Penyebutan Istilah Internet muncul dari Tahun 1958. Pada tahun ini juga Departemen Pertahanan Amerika Serikat memulai sebuah proyek teknologi tinggi yang dijuluki ARPA (Advanced Research Project Agency)  untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi computer dalam hal teknologi transmisi data dan informasi yang menjadi dasar bagi banyak teori pada bidang ini. Perkembangan terjadi antara lain dalam bentuk jangkauan yang lebih luas dan kecepatan yang meningkat. Tahun 1965 – untuk pertama kalinya dapat disimpulkan bahwa meski dua komputer terpisah dalam jarak yang jauh masih dapat saling terhubung ke internet untuk saling bertukar file.

Tahun 1969 – 1974

perkembangan internet di Indonesia tahun berikutnya

Pada tahun 1969 internet dikembangkan dengan nama ARPANET yang diluncurkan secara resmi oleh ARPA ARPANET  kemudian diberi nama NCP (Network Control Protocol) yang kemudian diimplementasikan ke dalam website di ARPANET selama tahun 1971-1972. Bersamaan dengan itu, pada tahun 1971 pertama kalinya ditemukan Email. Orang yang pertama kali mencoba untuk menggunakan surat elektronik ini adalah Ray Tomlinson yang berprofesi sebagai programer komputer. Dia menggunakan email ini untuk digunakan sendiri yang dikirim dari satu PC ke PC yang lain. Selanjutnya tahun 1974 Istilah Internet (Inter-networking) dipopulerkan oleh Vint Cerf dan Bob Khan yang dijuluki sebagai bapak internet dunia melalui jurnalnya dengan judul “A Protocol dor Packet Network Interconnection”.

See Also

Tahun 1976 – 1979

Tahun 1976 adalah awal mula Adanya Ethernet sebagai Jaringan LAN. Jaringan LAN pertama kali muncul pada tahun 1976, yang kemudian digunakan oleh Ratu Elizabeth II untuk mengirimkan email. Ratu Inggris tersebut mengirimkan email dari Royal Signals Plus radar establishment di Malvern, Inggris. Sampai tahun 1977 tercatat sudah lebih dari 111 kompter yang sudah masuk internet dan tergabung ke dalam ARPANET. Selang 3 tahun berjalan, yaitu sekitar tahun 1979 ditemukanlah Usenet yang digunakan untuk menyiarkan berita dan grup diskusi.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.