Now Reading
Cara menghapus virus shortcut laptop dengan software autoruns

Cara menghapus virus shortcut laptop dengan software autoruns

Kenyamanan bekerja menggunakan laptop memang sangat penting. Namun perlu anda ketahui bahwa perangkat teknologi rentan terhadap virus yang terkadang tidak kita sadari. Virus Shortcut merupakan salah satu yang paling sering kita temui. Virus ini ada dalam bentuk shortcut-shortcut yang muncul dalam bentuk folder yang ada (Cloning), meski sudah dihapus namun tetap saja kembali. Ini sangat berbahaya dan bisa merusak sistem kerja laptop  jika terus menerus dihiraukan. Sehingga dibutuhkan software autoruns untuk mengatasi virus di laptop berikut ini.

virus shortcut

Autoruns merupakan software yang sering kali diabaikan oleh pengguna PC/Laptop karena posisinya yang tidak terlalu penting untuk sebuah laptop. namun, pada dasarnya inilah software yang mampu mengontrol semua aktifitas PC/Laptop kita. kegunaan dari software ini adalah untuk atasi virus shortcut yang sangat bandel. Nah, untuk memaksimalkan fungsi dari Autrons dalam menghapus viru shortcut, ikuti langkah di bawah ini.

  • Restartlaptop, setelah itu tekan tombol F8 berkali-kali sampai muncul banyak pilihan (opsi) untuk masuk ke laptop (windows)
  • Pilih “Safe Mode“. Panduan untuk bisa masuk ke Safe Modeini juga bisa dibaca di tulisan saya sebelumnya Safe Mode, Manfaat dan Penggunaannya
  • Setelah berhasil masuk Safe Mode, jika ada pilihan pengguna (User), pilih terlebih dahulu Administrator(biasanya tanpa password).
  • Setelah masuk windows, cari program Autoruns pembasmi virus shortcutyang sebelumnya sudah disiapkan, dan jalankan.
  • Pilih tab “Logon” dan periksa daftar file yang merupakan file VBS. Hapus saja semua file vbs ini dari daftar (atau jika tidak ingin menghapus, bisa juga hanya dihilangkan tanda centangnya agar tidak otomatis berjalan di laptop)
  • Setelah selesai, jika sebelum masuk Safe Modeada beberapa user selain administrator, ulangi langkah 1 sampai 5 untuk pengguna (User) lain tersebut.
  • Setelah itu restartkembali laptop, kali ini biarkan laptop masuk ke keadaan normal (bukan safe mode) dan harusnya virus sudah tidak aktif di laptop lagi. Jika sebelumnya dari Autoruns tidak dihapus, buka lagi autoruns dan hapus dari sini (kecuali jika ingin di koleksi)

Mengapa harus dari Safe Mode? karena dari safe modevirus ini tidak akan aktif, sehingga dengan mudah kita bunuh virus shortcut atau non-aktifkan jalan masuknya. Sangat mudah bukan? Selamat membunuh virus demi kenyamanan kerja anda.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.