Now Reading
Tips Mengatasi Sinyal Iphone Hilang No Service

Tips Mengatasi Sinyal Iphone Hilang No Service

Tips Mengatasi Sinyal Iphone Hilang No Service

Kesempatan kali ini kami ingin berbagi tips menatasi sinyal iphone yang hilang. Iphone saat ini sebagai device yang digandrungi warga Indonesia. Berbagai device banyak ditemui di Konter-konter pinggir jalan. Bisa dari yang resmi masuk ke Indonesia ada juga device yang tidak resmi.

Sejumlah pengguna iPhone kerap mengeluhkan kondisi sinyal hilang atau jaringan tidak anda. Saat sinyal hilang, bagian pojok kanan atas layar atau bar sinyal akan menampilkan tulisan “no service” atau “tidak ada layanan”. Banyak yang bertanya kenapa sinyal iPhone hilang dan cara mengatasinya.

Notifikasi atau tulisan “no service” menginformasikan bahwa iPhone tidak terhubung dengan jaringan seluler. Kondisi ini tentu saja sangat mengganggu kenyamanan penggunanya. Mengingat ponsel baik iPhone maupun Android membutuhkan sinyal atau jaringan untuk berkomunikasi dan mengakses internet.

Ketika iPhone hilang sinyal maka pengguna tidak bisa menggunakan ponselnya untuk panggilan telepon, berkirim pesan, hingga mengakses internet. Apabila mengalaminya, Anda tidak perlu cemas terlebih dulu. Ada sejumlah cara untuk mengembalikan jaringan di iPhone menjadi normal seperti semula.

Kenapa Sinyal iPhone Hilang?

Sinyal pada ponsel iPhone bisa hilang karena beberapa penyebab. Berikut sejumlah faktor yang menyebabkan iPhone anda tidak ada jaringan.

Berada di Luar Jangkauan Area Operator Seluler

Salah satu penyebab iPhone anda hilang sinyal adalah ketika berada di luar jangkauan area operator seluler. Kondisi ini akan anda alami ketika sedang berada di suatu lokasi di luar jangkauan operator. Bisa itu di daerah pedalaman, pegunungan, pesisir pantai, dan lainnya. Saat berada di luar jangkauan operator, iPhone anda akan kesulitan menerima sinyal.

Adanya Bug pada Sistem Perangkat Lunak

Penyebab lain yang membuat jaringan iPhone Anda tidak ada adalah bug. Bug yang mengganggu sistem perangkat lunak membuat sinyal iPhone menjadi hilang atau tidak terbaca. Biasanya saat kondisi ini, Apple akan memberikan perbaikan lewat pembaruan sistem operasi atau sistem pengaturan operator seluler.

Kerusakan Hardware

Kemungkinan yang membuat iPhone hilang sinyal adalah adanya kerusakan pada bagian hardware atau perangkat keras. Hardware yang berperan menerima jaringan seluler biasa dikenal dengan IC Baseband atau IC Sinyal. Saat IC Baseband rusak, maka iPhone tidak bisa menerima sinyal meski sudah dipasangi kartu SIM.

IMEI Tidak Terdaftar

Penyebab iPhone hilang sinyal juga bisa karena IMEI belum terdaftar. IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor internasional yang terdiri dari 15 digit. Apabila IMEI tidak terdaftar maka akses jaringan seluler ke iPhone Anda akan terblokir.

Cara Mengatasi iPhone Hilang Sinyal

Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi iPhone hilang sinyal. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda coba.

Pastikan Berada di Jangkauan Area Provider

Agar sinyal iPhone tetap stabil, pastikan anda berada di jangkauan area provider atau operator seluler. Apabila berada di luar jangkauan, Anda bisa berpindah lokasi ke tempat yang terjangkau oleh sinyal seluler. Anda dapat mencoba menyalakan dan menonaktifkan mode pesawat atau memasukkan ulang kartu SIM untuk memuat ulang koneksi jaringan seluler.

Restart iPhone

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah merestart iPhone Anda. Anda bisa mematikan ponsel  selama beberapa saat, lalu menyalakannya kembali. Apabila ponsel atau jaringan tidak bermasalah, maka sinyal akan muncul kembali. Namun jika sinyal masih hilang, bisa jadi kesalahan terdapat di sistem operasi.

See Also
Ciri ciri Mengetahui Nomor Ponsel Diblokir oleh Seseorang

Memperbarui Sistem Operasi

Jika masalahnya pada sistem operasi, lakukan pembaruan sistem operasi atau sistem pengaturan operator seluler. Cara melakukan lewat menu pengaturan. Buka opsi “General”, kemudian klik “Software Update”. Jika pembaruan tersedia, silakan klik opsi “Unduh dan Instal”.

Selanjutnya anda perlu membuka opsi “General”. Cek apakah ada opsi pembaruan di sebelah kolom operator. Jika opsi tersebut ada, anda bisa melakukan pembaruan.

Reset Jaringan

Langkah lainnya untuk memulihkan iPhone hilang sinyal adalah dengan mereset jaringan. Saat mereset jaringan, anda akan membuat pengaturan jaringan kembali ke setelah pabrik. Jadi data sandi WiFi hingga VPN yang telah tersimpan akan menghilang atau terhapus.

Cara reset jaringan tinggal membuka menu pengaturan. Pilih opsi “Umum”, kemudian klik “Transfer atau Atur Ulang (Perangkat)”. Selanjutnya klik “Atur ulang pengaturan jaringan”. Apabila kebingungan, anda  bisa meminta arahan dari orang yang paham.

Membawa ke Service Center

Apabila semua langkah di atas sudah dicoba dan masih gagal, maka anda perlu membawa iPhone ke service center. Bisa jadi kerusakan terdapat pada hardware IC Based. Anda bisa meminta bantuan service center untuk memperbaiki masalah hilang sinyal pada iPhone anda.

Demikianlah informasi mengenai kenapa iPhone hilang sinyal dan cara mengatasinya. Saat mengalami kondisi ini, anda jangan panik atau langsung kesal. Cek terlebih dahulu apa penyebabnya atau cobalah untuk melakukan sejumlah langkah-langkah di atas.

© 2023 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top