Now Reading
Lombok Kota Seribu Masjid yang Sayang Untuk Dilewatkan

Lombok Kota Seribu Masjid yang Sayang Untuk Dilewatkan

Pulau Lombok merupakan sebuah pulau yang terletak di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang letaknya terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Lombok melakukan gebrakan dengan konsep pariwisata halal yang kemudian membuat Lombok memiliki julukan kota seribu masjid. Lombok mendapat julukan tersebut juga disebabkan oleh banyaknya masjid yang terdapat di lombok, menurut data terdapat kurang lebih 9.000 lebih masjid yang besar maupun kecil di pulau seluas 5.435 km². Adanya banyak masjid di lombok dikarenakan Masjid menjadi tanda bagi keberadaan kolektif masyarakat Sasak, baik itu dari tingkatan dusun, desa, dan kota sebagai umat Muslim yang bermukim di Lombok. Berikut ini salah satu masjid terindah di Lombok sebagai pariwisata yang menarik di pulau lombok

Masjid Islamic Center, Mataram

lombok seribu masjid

Masjid Islamic Center terletak di Dasan Agung, Selaparang, Gomong, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Masjid islamic centre ntb dibangun dengan memadukan karakteristik bangunan tradisional Lombok dan Sumbawa.  Masjid Islamic Center  memiliki menara setinggi 99 meter yang sesuai dengan 99 nama nama Allah (Asma’ul Husna). Tidak hanya itu, Masjid Islamic Center juga memiliki ciri khas motif batik Sasambo di kubah masjid yang merupakan motif batik khas di Provinsi NTB.

Bangunan menara Masjid Islamic Center dibuka sebagai objek pariwisata pulau lombok untuk pengunjung agar bisa memandang kota Mataram dari ketinggian baik saat siang maupun malam hari yang semakin cantik dengan lampu-lampu yang menghiasi kota. Lokasinya strategis yaitu di pusat kota Mataram di Pulau Lombok.

See Also

lombok seribu masjid

Selain sebagai penanda Kota Mataram, Masjid Islamic Center Mataram ini juga berfungsi sebagai pusat kebudayaan, wisata religi, pasar seni, dan aktivitas religius lain. Pemerintah daerah lombok juga mensinergikan sumber daya lokal yaitu dengan memberdayakan para perajin garmen dan kayu cukli yang merupakan produk kerajinan unggulan di Kota Mataram agar para pengrajin membuat berbagai kerajinan berupa pernak-pernik yang bertemakan Islamic Center. Pernak-pernik itu berupa gantungan kunci, pulpen, baju kaus bergambar Islamic Center, batik sasak samawa mbojo (sasambo) bermotif Islamic Center, dan lain-lain.

Masjid islamic center mataram ntb menjadi salah satu masjid yang dapat anda kunjungi jika sedang berwisata ke Lombok karena masjid ini juga merupakan salah satu ikon dari kota Lombok yang akan sayang jika dilewatkan. Selain Masjid Islamic Center masih ada banyak masjid dengan arsitektur yang indah lainnya seperti Masjid Al Akbar, Masbagik, Lombok Timur, Masjid Kopang, Lombok Tengah, Masjid Agung Praya, Lombok Tengah, dan Masjid Jamiq, Selong, Lombok Timur.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.