Now Reading
Optimisme SDM Industri Migas dari Universitas

Optimisme SDM Industri Migas dari Universitas

Peran industri hulu migas sangat penting untuk ketahanan energi nasional. Hal ini disampaikan Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), Dharmawan H. Samsu di Universitas Pertamina. Seminar yang bertajuk “Peran Strategis Industri Hulu dalam Mendukung Ketahanan Energi Nasional” tersebut diharapkan mempu membuat para mahasiswa lebih paham mengenai tantangan serta peluang industri hulu yang sedang dikembangkan PT Pertamina untuk masa depan.

Universitas Pertamina

Dharmawan mengungkapkan bahwa dirinya ingin para mahasiswa mampu memahami sejak awal persoalan opportunity di masa depan dengan mengembangkan solusi yang ada. Selain itu dalam menjalankan bisnis migas kemampuan teknis serta ilmu pengetahuan yang didapatkan dari perguruan tinggi tidak cukup untuk mengatasi berbagai permasalahan pada industri migas di Indonesia.

Namun demikian, Dharmawan berharap mahasiswa tetap dapat berpikir optimis mengenai masa depan energi di Indonesia khususnya di sektor migas. Untuk itu dalam bangku kuliah para mahasiswa harus belajar sebanyak-banyaknya dan melatih kemampuan berpikir serta berani untuk mengungkapkan pendapatnya.

Direktur Hulu PT Pertamina juga mengungkapkan bahwa Indonesia sebenarnya memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dalam menangani industri hulu energi Indonesia di masa yang akan datang. Dirinya bangga terhadap SDM yang ada karena memiliki kemampuan serta kualitas internasional yang tidak perlu diragukan lagi.

Dalam seminar tersebut Rektor Universitas Pertamina Prof Akhmaloka juga menjelaskan bahwa peta jalan Universitas Pertamina Masuk dalam 500 universitas terbaik di dunia di tahun 2034.

Prof. Akhmaloka menyebutkan bahwa pihaknya telah memiliki strategi agar Universitas Pertamina masuk dalam ‘500 Top World Class university 2028-2034’. Untuk jangka pendek, Universitas Pertamina menargetkan mendapatkan akreditasi A nasional di tahun 2022-2024.

See Also

Pegawai PT Pertamina

Strategi untuk mempersiapkan hal tersebut adalah dengan membangun kemitraan dengan banyak pihak seperti perguruan tinggi baik di dalam dan luar negeri. Termasuk dengan membangun ‘link and match’ dengan dunia industri.

Beberapa universitas luar negeri di antaranya adalah yang berada di Amerika Serikat, Australia, Perancis, Jepang, Belanda, Malaysia, Taiwan, Rusia, dan Lithuania.

Selain bekerja sama dengan perguruan tinggi, Universitas Pertamina juga berkerja sama dengan dunia industri, pemerintah serta asosiasi profesional yang bertujuan untuk menghasilkan SDM yang kompeten serta dapat bersaing secara global.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top