Now Reading
Remote Alarm Mobil Rusak, Lakukan Hal Ini Jika Alarm Berbunyi

Remote Alarm Mobil Rusak, Lakukan Hal Ini Jika Alarm Berbunyi

Mobil-mobil keluaran terbaru umumnya telah menggunakan remote sebagai alat untuk membuka dan mengunci pintu mobil. Remote juga dapat digunakan untuk mengaktifkan alarm pada mobil, sehingga mobil dapat terlindung dari upaya pencurian, membuka pintu secara paksa, hal-hal yang kita tidak inginkan dan antistarter. Dengan fungsi ini, alarm dapat memproteksi mobil dari tindak kejahatan yang sampai saat ini masih marak terjadi.

Tidak berfungsinya remote mengakibatkan hilangnya fungsi kendali remote pada alarm. Salah satu faktor yang menyebabkan remote tidak berfungsi adalah rusaknya tombol pada kunci. Kerusakan ini juga bisa terlihat jika lampu pada remote mobil tidak menyala. Kerusakaan pada tombol biasanya terjadi akibat usia kunci yang sudah tua ataupun kunci yang kerap terkekan, sehingga fungsinya pun rusak. Selain adanya kerusakan pada kerangka remote, remote otomatis yang didukung oleh baterai ini tentunya bisa mati akibat kehabisan baterai.

Remote Alarm Mobil Rusak

Nahasnya jika remote tidak berfungsi saat alarm sedang aktif. Jalan satu-satunya harus menonaktifkan alarm terlebih dahulu, sehingga pintu mobil dapat dibuka atau ditutup tanpa bunyi alarm. Mobil pun dapat dinyalakan kembali. Untuk cara menonaktifkan alarm pada setiap mobil berbeda-beda, tergantung jenis alarm yang digunakan. Pada beberapa mobil jenis MPV, alarm dapat dinonaktifkan dengan cara membuka pintu secara manual menggunakan kunci kontak mobil. Lalu masukkan anak kunci ke lubang starter. Setelah itu putar secara bolak-balik kunci kontak mobil dari posisi ACC ke ON sebanyak 10 kali secara cepat dan konstan. Sebelum berhenti berbunyi biasanya alarm akan berbunyi secara cepat kemudian berhenti.

Remote Alarm Mobil

Setelah alarm berhenti berbunyi, maka lampu kecil yang berkedip juga akan mati. Inilah indikasi bahwa alarm sudah berhasil dinonaktifkan. Jika hal ini dilakukan dengan benar, maka alarm akan berhenti berbunyi dan berhasil dinonaktifkan. Selanjutnya mobil akan dapat dinyalakan kembali seperti semula. Namun, jika mengalami kesulitan dalam menonaktifkan alarm, dapat juga meminta bantuan teknisi ahli untuk melakukannya.

Jika alarm sudah nonaktif, maka remote tidak dapat digunakan untuk sementara waktu. Membuka atau mengunci pintu mobil dilakukan secara manual, menggunakan anak kunci. Sangat disarankan untuk tidak terlalu lama membiarkan kondisi seperti ini karena mobil tidak dilindungi sistem alarm sehingga lebih mudah dibuka secara paksa atau dicuri. Segera bawa mobil ke bengkel resmi agar alarm dapat diperbaiki dan kembali menjalankan fungsinya.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top