Now Reading
Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Lambat di Laptop atau PC

Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Lambat di Laptop atau PC

Koneksi internet yang lemot dapat membuat pekerjaan terganggu khususnya orang yang pekerjaannya sangat mengandalkan koneksi internet dan juga pastinya mempengaruhi mood untuk bekerja. Internet yang lemot dipengaruhi oleh berbagai faktor. penyebab jaringan internet lambat diantaranya adalah, masalah pada jaringan, ruangan yang tidak tercapai oleh signal, dll. Berikut ini cara mempercepat koneksi internet di laptop atau PC.

stress karena koneksi internet lambat
  1. Bandwidth Internet

setting koneksi internet anda dengan Bandwidth internet yang terletak pada sistem operasi windows. Cara untuk mengaturnya adalah klik tombol start di pojok kiri bawah, kemudian ketik gpedit.msc pada kolom pencarian, pada menu computer configuration klik ikon panah kecil bertuliskan  “administrative templates, network”. Lalu pilih QoS Packet Scheduler dan selanjutnya pilih “limit reserveable bandwidth” dan pilih “enable”. Pada pilihan, Bandwidth limit (%) makukkan angka 0 dan klik Apply dan OK.

  1. Pengaturan Sistem Window

cara mempercepat koneksi google chrome ini bisa dilakukan pada windows 10, 8, dan 7. Caranya adalah dengan klik start pada pojok kiri bawah dan ketik “service.msc” pada kolom pncarian kemudian akan muncul beberapa property dan klik dua kali untuk menonaktifkan. Properti tersebut antara lain adalah Diagnostic Policy Service, Distributed Link Tracking Client, Offline Files, Performance Logs & Alerts, Program Compatibility Assistant Service, Secondary Logon, Windows Error Reporting Service, Windows Image Acquisition (WIA). Anda bisa menonaktifkan semua properti tersebut karena semua properti tersebut sangat aman untuk dinonaktifkan karena bukan termasuk yang utama, dan sebenarnya jarang digunakan.

  1. Optimalkan kinerja

Alasan internet anda lambat salah satunya adalah laptop atau pc anda yang tidak bekerja maksimal karena harddisk yang  sudah lama tidak di defrag atau banyak file sampah yang menumpuk, dan lainnya. Solusinya adalah dengan defrag harddisk dan pembersihan file sampah. Defrag dapat dilakukan langsung melalui Windows tanpa menggunakan aplikasi tambahan namun untuk membersihkan file sampah anda membutuhkan aplikasi seperti CCleaner.

  1. Gunakan browser terbaru

Jika cara-cara di atas sudah anda coba namun koneksi internet tidak kunjung membaik cobalah untuk mengupgrade browser yang anda gunakan sebagai cara membuat koneksi internet lebih cepat. Koneksi yang lamban bisa dipengaruhi oleh browser anda yang sudah versi lama.

Itulah beberapa cara untuk membuat koneksi internet anda jadi lebih cepat. Jika semua cara di atas sudah anda coba namun tidak berhasil cobalah untuk mengupgrade hadrware laptop atau komputer anda karena bisa saja masalahnya berasal dari hardware anda yang sudah lama dan kinerjanya sudah tidak maksimal lagi.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top