Tempat wisata di Cirebon yang kental dengan sejarah

Jika Anda punya rencana liburan ke cirebon jawa barat, kota kecil ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini Kabupaten Cirebon terkenal dengan wisata religi dan sejarah, namun ternyata kota ini juga memiliki tempat-tempat wisata yang bernuansa alam yang juga masih menyimpan unsur sejarah di dalamnya. Menarik bukan, yuk intip tempat wisata apa saja yang bisa kamu kunjungi!

  1. Taman Goa Sunyaragi
tempat wisata di cirebon

Peninggalan sejarah Cirebon atau juga disebut dengan Taman Sari Goa Sunyaragi, merupakan deretan gua yang dulunya menjadi tempat pertapaan sekaligus tempat pelatihan tentara kesultanan Cirebon pada zaman dahulu kala. Keaslian bangunan-bangunan batu kuno di Gua Sunyaragi bahkan masih terasa begitu murni dan memiliki nilai seni yang sangat tinggi.Taman Sari Gua Sunyaragi pun sering dijadikan lokasi pagelaran musik, sendratari, hingga pembukaan Festival Keraton Nusantara yang dilaksanakan setahun sekali. Bahkan, baru-baru ini, pengelola Taman Sari Gua Sunyaragi juga meluncurkan wahana balon udara untuk menarik minat wisawatan agar semakin betahberkunjungkesini. Lokasinya di Jalan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon. Taman Sari Gua Sunyaragi dibuka untuk umum setiap hari pada pukul 08:00-17:30.

  1. KeratonKasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon ini merupakan tempat bersejarah di Cirebon berupa sebuah keraton yang didirikan oleh Pangeran Cakrabuana pada masa penyebaran agama islam sekitar tahun 1529. Alamat Keraton Kasepuhan Cirebon terletak di Jalan Kasepuhan No 43, Kampung Mandalangan, Kel. Kasepuhan, Kec. Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat. Akses menuju keraton tersebut dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan dari Stasiun Kejaksan dan 30 menit perjalanan dari Terminal Bus Harjamukti.

See Also

  1. Telaga Remis
tempat wisata di cirebon

Telaga ini menawarkansegarnyapemandanganalamkhas kaki GunungCiremai. Terletak sekitar 20 kilometerdaripusat Kota Cirebon, Telaga Remis konon merupakan tempat pertapaan Raja Siliwangi pada masa lalu. Nama Telaga Remis yang dalam bahasa Sunda memiliki arti embun berasal dari kisah Prabu Siliwangi yang memanfaatkan embun sebagai air minumnya saat bertapa di daerah tersebut yang dulu terkenal tandus. Sang Prabu pun kemudian membuang sisa embun tersebut seraya berdoa agar kelak daerah tersebut menjadi telaga yang berguna bagi masyarakat sekitar. Nyatanya, doa Prabu Siliwangi tersebut menjadi kenyataan. Kini, Telaga Remis tak hanya mampu menjadi sumber mata air bagi warga sekitar, tapi juga telah disulap tempat wisata yang ada di Cirebon yang mampu mendekatkan pengunjung pada alam dengan fasiliitas umum yang memadai.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.