Now Reading
Deretan Menteri yang Diprediksi Tetap Dipertahankan Jokowi, Siapa Saja?

Deretan Menteri yang Diprediksi Tetap Dipertahankan Jokowi, Siapa Saja?

Inilah Deretan Menteri yang Diprediksi Tetap Bertahan di Pemerintahan Jokowi Jilid II.

Meski pelantikan masa bakti presiden terpilih periode kedua yakni Joko Widodo masih akan berlangsung pada 20 Oktober mendatang. Namun, figur-figur yang akan mendampinginya di kabinet mulai hangat dibicarakan.

Sejumlah nama terus muncul atau diusulkan mengisi posisi menteri di kabinet periode kedua Jokowi ini.

Beberapa waktu lalu, Jokowi pun secara terbuka mengungkapkan sejumlah kriteria yang akan menjadi menteri di kabinetnya.

Mulai dari memilih menteri yang professional hingga bakal menghadirkan menteri-menteri muda berusia 25 sampai 30an tahun untuk membantu merealisasikan janji kampanyenya untuk periode 2019-2024.

Meski bakal ada wajah-wajah baru di kabinet kerja jilid II, siapakah sosok menteri dalam kabinet kerja jilid I yang akan dipertahankan Jokowi?

Untuk menelisik nama-nama menteri yang layak dipertahankan Jokowi di pemerintahannya jilid II. Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan harus dipahami terlebih dahulu semangat kerja dari Jokowi untuk periode kedua pemerintahannya.

Kurang lebih selama lima tahun pertama pemerintahannya, Jokowi sudah memberikan warisan yang pasti akan dikenang rakyat Indonesia, yakni Infrastruktur.

Dari sinilah, menurut Hendri akan bisa diprediksi siapa saja Menteri yang akan dipertahankan Jokowi untuk pemerintahannya jilid II.

Berikut Deretan Menteri yang Diprediksi Bakal Dipertahankan Jokowi

1.Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti diprediksi bakal dipertahankan Jokowi untuk masuk dalam skuad Kabinet Kerja Jilid II.

Kenapa demikian? Pasalnya Menteri Susi Pudjiastuti telah dan bisa memberikan kenangan khusus dalam menjaga wilayah maritime Indonesia.

Menteri Susi, Satu dari Sebagian Menteri yang Bakal di Pertahankan Jokowi (wartakota.tribunnews.com)

2. Retno Lestari Priansari Marsudi

Sosok Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi bakal tetap berada di Kabinet Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

“Bu Retno keberhasilannya buat Indonesia mmenjadi anggota Dewan Keamanan PBB lagi,” ujar Hendri.

Di tahun lalu, Indonesia terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB setelah mendapatkan 144 suara di pertemuan Majelis Umum PBB.

Indonesia terpilih menjadi anggota DK PBB untuk masa jabatan 2019-2020.

3. Sri Mulyani Indrawati

Sama halnya dengan Susi Pudjiastuti dan Retno Marsudi, Menteri Keuangan, Sri Mulyani diprediksi bakal dipertahankan Jokowi untuk mengisi kabinet kerja Jilid II.

4. Basuki Hadimuljono

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono diprediksi Hendri bakal kembali mmenduduki kursi yang sama di periode pemerintahan Jokowi 2019-2024.

Hal ini terjadi karena sosok Basuki Hadimuljono, mampu secara cepat mmenerjemahkan visi dan misi serta keinginan Jokowi untuk membangun infrastruktur Indonesia.

See Also

5. Amran Sulaiman

Sosok selanjutnya yang layak dipertahankan Jokowi adalah Menteri Pertanian, Amran Sulaiman.

Menurut Hendri, Amran dinilai telah mampu bekerja luar biasa untuk memperjuangkan nasib para petani dan ketersediaan pangan selama periode pertama pemerintahan Jokowi.

6. Budi Karya Sumadi

Menurut Hendri, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi akan dipertahankan Jokowi untuk periode keduanya.

Budi Karya Sumadi dinilai telah memberikan warisan tersendiri bagi bangsa ini, khusunya terkait pembangunan transportasi di Indonesia.

7. Bambang Brodjonegoro

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro bakal tetap ada di susunan Kabinet Kerja Jokowi Jilid II.

Menurut Hendri, Mantan Menteri Kuangan itu punya tugas dan sumbangsih luar biasa yang akan memberikan peninggalan bersejarah bagi bangsa ini, yakni terkait perpindahan ibukota negara.

Itulah deretan nama-nama menteri yang diprediksi bakal dipertahankan Jokowi di pemmerintahannya Jilid II. Kalau menurut kalian bagaimana?

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.