Now Reading
Pitching Ala Sandiaga Uno Dorong Investasi Parekraf di UN Tourism Meeting Barcelona

Pitching Ala Sandiaga Uno Dorong Investasi Parekraf di UN Tourism Meeting Barcelona

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan potensi besar Investasi Parekraf dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Hal ini disampaikan dalam pertemuan bilateral dengan sejumlah perwakilan negara di Executive Council UN Tourism Meeting yang berlangsung di Barcelona, Spanyol.

Dalam pernyataannya yang diterima di Jakarta, Rabu (12/06), Sandiaga Uno menjelaskan bahwa pertemuan ini bertujuan membahas berbagai peluang kerja sama internasional dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

“Investasi parekraf sangat penting untuk pengembangan yang berkualitas dan berkelanjutan di Indonesia,” ungkap Sandiaga.

Sektor parekraf telah menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia, menyumbang sekitar 8% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Sandiaga menyoroti keunggulan Indonesia dengan keanekaragaman budaya dan keindahan alam yang tak tertandingi sebagai modal kuat untuk menggerakkan perekonomian melalui sektor ini.

“Indonesia memiliki potensi luar biasa di sektor parekraf. Ini bukan hanya tentang pariwisata, tetapi juga tentang ekonomi kreatif yang mampu menciptakan lapangan kerja yang luas,” tambahnya.

Selain itu, sektor parekraf juga memainkan peran penting dalam menciptakan lapangan kerja dan mempromosikan keberlanjutan.

“Kami melihat parekraf sebagai lokomotif utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, kami mengundang investasi untuk mengembangkan lima destinasi pariwisata super prioritas serta peningkatan sumber daya manusia di sektor ini,” jelas Sandiaga.

Pertemuan Bilateral dan Kerja Sama Investasi Parekraf Internasional

Dalam pertemuan di Barcelona, Sandiaga Uno bertemu dengan empat menteri dari berbagai negara untuk membahas peluang kerja sama dan mendorong investasi di sektor parekraf Indonesia. Mereka adalah:

  • Rosario Sanchez Grau, Menteri Negara Bidang Pariwisata Spanyol.
  • Angeliah Jasmine Mbelwa Kairuki, Menteri Sumber Daya Alam dan Pariwisata Tanzania.
  • Lola Ade-John, Menteri Pariwisata Republik Federal Nigeria.
  • Ahmed Aqeel AlKhateeb, Menteri Pariwisata Arab Saudi.

Dalam pertemuan tersebut, Sandiaga menekankan pentingnya kolaborasi internasional dalam mengembangkan sektor parekraf yang berkelanjutan dan menguntungkan.

“Kami berkomitmen untuk membangun sektor parekraf yang tidak hanya menguntungkan secara ekonomi tetapi juga berkelanjutan secara sosial dan lingkungan,” kata Sandiaga.

See Also
Ilustrasi TikTok Shop (Dok Antara)

Sandiaga Uno juga mengajak para investor untuk melihat lebih dekat potensi Investasi Parekraf di Indonesia, khususnya dalam pengembangan destinasi pariwisata prioritas dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Investasi ini tidak hanya akan mempercepat pertumbuhan sektor parekraf tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat dan lingkungan,” ujarnya.

Dengan langkah-langkah ini, Indonesia berharap dapat menarik lebih banyak investor internasional untuk berpartisipasi dalam pengembangan sektor parekraf, yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Pertemuan ini menunjukkan komitmen kuat Indonesia dalam memanfaatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai pilar utama pembangunan ekonomi dan sosial. Dengan dukungan investasi yang tepat, sektor parekraf Indonesia siap menjadi motor penggerak utama dalam era ekonomi baru yang lebih berkelanjutan dan inklusif.

Demikian informasi seputar perkembangan Investasi Parekraf di Indonesia. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Denotasi.Com.

© 2023 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top