Now Reading
Soal Revolusi Industri 4.0, Sri Mulyani: Kita Harus Berubah atau Punah

Soal Revolusi Industri 4.0, Sri Mulyani: Kita Harus Berubah atau Punah

Tanggapan Sri Mulyani soal revolusi industri 4.0.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, mengatakan bahwa perkembangaan teknologi di era revolusi 4.0 ini sudah seharusnya dilakukan di instansi pemerintah. Kenapa? Sebab, apabila intitusi tidak melakukan perubahan dan masuk ke dalam industry 4.0, maka akan berdampak pada kemunduran suatu bangsa.

“Karena memang suatu negara, bangsa kita semua liat langsung betapa dunia ini berubah sangat cepat apakah itu makhluk, institusi, apabila tidak lakukan inovasi akan punah. Oleh karena itu kalau tidak mau punag maka harus berubah,” ungkap Sri Mulyani.

Tak hanya itu saja, Menteri Sri Mulyani juga mengatakan bahwasannya akselerasi perubaahan di dunia saat ini, begitu dirasakan semenjak revolusi 2.0. Dimana pada masa itu terjadilah lompatan besar dalam perkembangan dan kebudayaan di masyarakat.

“Perubahan sejak revolusi 2.0 itu menyebabkan perubahan yang cepat pada dunia ini,” tambahnya.

Revolusi Industri 4.0 Harus Dimanfaatkan Betul

Oleh sebab itu, seiring dengan berkembangnya teknologi digital yang terjadi pada revolusi industry 4.0 seperti saat ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Sebab dengan begitu, Indonesia akan keluar dari perangkap pendapatan menengah (middle income trap) menjadi negara dengan pendapatan tinggi.

“Industri 4.0 ini dimana muncul teknologi digital dan internet menjadi peluang besar negara keluar menjadi middle income trap, dan revolusi 4.0 itu memungkinkan banyak negara emerging untuk catch up,” pungkasnya.

Dampak Revolusi Industri 4.0

  • Inovasi
Revolusi Industri 4.0 (kastara.id)

Munculnya model-model bisnis baru tidak lepas dari kemampuan para inovator untuk merancang strategi lewat platform digital.

Di Indonesia sendiri, inovasi digital yang terjadi tidak hanya di dunia ritel, tapi juga di bidang pendidikan, katering, kesehatan, bahkan di dunia hukum.

See Also

Semakin banyak orang yang berpartisipasi, maka akan timbul persaingan sehat yang berdasarkan inovasi, sehingga memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

  • Inklusivitas

Lewat platform digital, segala macam layanan dapat dengan mudah menjangkau banyak orang di berbagai daerah. Hasilnya, terjadi inklusivitas yang menguntungkan orang-orang yang bertempat tinggal jauh dari daerah metropolitan, sehingga mereka turut menikmati layanan digital.

  • Efisiensi

Tentu dengan berkembangnya inovasi platform digital, otomatis akan ada efisiensi, baik dari segi manufaktur maupun pemasaran. Hal ini tentunya memerlukan kecerdasan dari pebisnis untuk mengoptimalkan strategi mereka di dunia digital.

Bagaimana, apakah kalian sudah siap?

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.