Now Reading
DailySocial Diguncang Badai PHK Besar-Besaran, Masa Depan Terancam Suram?

DailySocial Diguncang Badai PHK Besar-Besaran, Masa Depan Terancam Suram?

Kabar mengejutkan datang dari industri media siber Indonesia. DailySocial.id, startup media ternama yang fokus pada pemberitaan teknologi dan bisnis, dikabarkan telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap seluruh karyawannya. Keputusan ini diambil sebagai bagian dari restrukturisasi besar-besaran yang tengah dilakukan perusahaan.

Menurut informasi yang beredar, PHK ini diberlakukan sejak 1 April 2024 dan seluruh karyawan akan diberhentikan pada akhir Mei mendatang. CEO DailySocial.id, Rama Mamuaya membenarkan kabar tersebut kepada DealStreetAsia.

Meskipun mengalami PHK besar-besaran, Rama menegaskan bahwa DailySocial.id tidak akan menutup operasinya dan tetap akan menerbitkan konten. “Perusahaan masih memiliki tim yang akan terus bekerja,” ujarnya.

Namun, Rama tidak menyebutkan secara pasti jumlah karyawan yang terkena PHK. Di laman LinkedIn, tercatat setidaknya 32 orang yang bekerja di DailySocial.id. Sementara itu, perusahaan baru akan mengumumkan informasi lebih lanjut mengenai restrukturisasi pada Kamis (2/5).

PHK ini merupakan kelanjutan dari gelombang PHK sebelumnya yang terjadi pada Agustus 2023. Saat itu, 18 karyawan dirumahkan dengan alasan “situasi ekonomi dan melesunya industri teknologi.”

Menariknya, PHK yang terjadi pada Agustus 2023 berlangsung hanya beberapa bulan setelah peluncuran DS/X Ventures, unit investasi milik DailySocial.id. Menurut informasi di situs resmi perusahaan, DS/X Ventures telah berinvestasi di delapan perusahaan dan berencana meluncurkan dana kedua tahun ini.

Belum diketahui secara pasti apakah DS/X Ventures juga akan terdampak PHK. Rama sebelumnya menyatakan bahwa DailySocial.id memiliki tim editorial yang terpisah dan independen.

Langkah PHK ini tentu menimbulkan pertanyaan besar tentang masa depan DailySocial.id. Akankah perusahaan ini mampu bangkit dari krisis dan kembali menjadi media ternama di industri teknologi Indonesia? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Dampak PHK DailySocial Terhadap Karyawan dan Industri

PHK DailySocial.id tentu membawa dampak signifikan bagi para karyawan yang terkena dampak. Kehilangan pekerjaan di tengah situasi ekonomi yang tidak menentu akan menjadi pukulan berat bagi mereka dan keluarga.

See Also

Di sisi lain, PHK ini juga menjadi sinyalemen mengkhawatirkan bagi industri media siber di Indonesia. Pasalnya, DailySocial.id merupakan salah satu media ternama dan memiliki pengaruh besar dalam industri ini.

PHK ini bisa menjadi indikator bahwa industri media siber sedang mengalami masa sulit. Faktor-faktor seperti perubahan pola konsumsi media, persaingan yang ketat, dan menurunnya pendapatan dari iklan bisa menjadi penyebabnya.

Kesimpulan

PHK DailySocial.id menjadi berita mengejutkan dan mengkhawatirkan bagi industri media siber di Indonesia. Masa depan perusahaan ini masih belum pasti, dan dampaknya terhadap karyawan dan industri masih perlu dilihat lebih lanjut.

Demikian informasi seputar PHK karyawan oleh DailySocial. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Denotasi.Com.

© 2023 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top