Now Reading
Tas motor touring, kenali kebutuhan sebelum membeli

Tas motor touring, kenali kebutuhan sebelum membeli

Sekarang banyak sekali pilihan tas touring sepeda motor dengan kelebihannya masing-masing. Sebagai aksesori motor wajib untuk menyimpan barang bawaan Anda saat touring tentu anda harus menyesuaikan kebutuhan.

Berikut ini beberapa tips memilih tas motor touring yang harus anda ketahui sebelum membeli.

  1. Pilihlah berdasarkan ukuran dan kapasitasnya

Anda harus mengetahui kapasitas dan ukuran box yang dibutuhkan. Jika diperlukan, Anda bisa memilih produk dengan kapasitas dan ukuran yang besar. Namun, box yang ukuran dan kapasitasnya kecil juga masih fungsional untuk atribut touring dan hanya membawa sedikit barang. Anda harus memilih box motor yang ukurannya sesuai dengan motor Anda. Bila terlalu lebar atau terlalu panjang, box tersebut justru akan membuat motor Anda menjadi tidak stabil sehingga akan membahayakan Anda. Apalagi, di Indonesia juga sudah diatur bahwa pemasangan box motor tidak boleh melebihi lebar terluar motor dan panjangnya harus disesuaikan dengan struktur sasis motor tersebut.

  1. Sesuaikan kapasitas box dengan kapasitas mesin dan tujuan penggunaannya
Box belakang motor shad top case

Anda juga harus menyesuaikan kapasitas box motor dengan tujuan penggunaannya. Bila box motor hanya akan digunakan untuk membawa barang belanjaan, menaruh helm, jaket, atau jas hujan, box dengan kapasitas sekitar 25 liter saja sudah lebih dari cukup. Bila Anda hendak menggunakan box motor untuk membawa banyak makanan dan perlengkapan untuk touring, pilihlah produk dengan kapasitas sekitar 30 liter. Bila touring dilakukan saat malam hari, Anda bisa memilih produk dengan kapasitas mencapai 33 liter atau lebih. Selain itu,. pilihlah produk dengan kapasitas yang paling sesuai dengan kondisi dan kapasitas mesin motor Anda. Bila kapasitas mesin motor Anda hanya 125 cc, sebaiknya dengan kapasitas maksimal 30 liter, mesin motor 250-400 cc kapasitas maksimal 35 liter. Bila berkapasitas lebih dari 50 liter kapasitas mesin lebih besar dari 400 cc.

  1. Sesuaikan bobot box agar motor tetap stabil
Tas motor touring

Agar motor Anda tetap stabil saat dikendarai, sebaiknya Anda memilih box motor yang berbobot ringan. Selain itu, box motor berbobot ringan akan lebih mudah untuk Anda lepas-pasang dari motor Anda. Kemudian, Anda harus mengingat bahwa batas beban muatan barang setiap motor berbeda satu sama lain. Anda juga harus dapat memperkirakan seberapa berat muatan yang akan dibawa dalam aksesoris rider satu ini agar tidak melebihi batas beban muatan barang yang diizinkan.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top