Now Reading
keliling Eropa murah, mau? lakukan hal ini!

keliling Eropa murah, mau? lakukan hal ini!

Eropa selalu memiliki daya tarik yang tak pernah surut untuk dikunjungi setiap musimnya. Meskipun Eropa juga merupakan salah satu benua yang paling mahal untuk dikunjungi, mulai dari akomodasi perjalanan sampai biaya hidup di sana. Namun, bukan saatnya anda membatalkan niatan liburan ke Eropa sekarang. Kalau ingin liburan dengan budget yang tidak terlalu besar, gunakan tips jalan jalan hemat ke Eropa jitu berikut ini.

  1. Gunakan Couchsurfing
Couchsurfing aplikasi penginapan gratis di eropa

Couchsurfing merupakan situs dimana pemilik rumah dari seluruh dunia menawarkan akomodasi gratis untuk para traveller. Benar-benar gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya penginapan. Namun bukan berarti anda bisa berlaku seenaknya. Bila anda menginap di akomodasi dari Couchsurfing, anda bisa menunjukkan rasa terima kasih kepada pemilik rumah dengan memasak atau membawa hadiah kecil dari negara asal anda. Mau tinggal gratis di Eropa dan mendapatkan tourguide lokal, tentu saja Couchsurfing sangat mendukung untuk hal itu. Namun untuk para traveller wanita yang berpergian solo dan berfikir opsi ini sedikit bahaya, anda bisa mempertimbangkan opsi selanjutnya dengan mencari penginapan murah di eropa.

  1. Gunakan bus untuk berkeliling Eropa
Bus keliling eropa murah

Bus merupakan cara termurah untuk mengelilingi Eropa, baik untuk perjalanan antar negara atau perjalanan di dalam kota. Kalau mau jalan-jalan hemat ke Eropa, sebaiknya anda mencari tahu bus pass apa saja yang tersedia. Contohnya, ketika anda ingin jalan-jalan di London, menggunakan Oyster Card akan membuat traveling ke eropa anda menjadi lebih hemat.

  1. Manfaatkan waktu mengujungi tempat wisata gratis

Di beberapa kota seperti London, anda bisa menemukan banyak museum yang bisa dimasuki tanpa membayar sepeser pun. Ada pula beberapa museum yang gratis hanya di hari-hari tertentu jadi sebelum anda berkunjung, ada baiknya memeriksa situs resmi museum itu dan mencari tahu apakah ada hari bebas tiket untuk masuk. Ada juga beberapa negara yang memberikan akses gratis ke museum-museum nasionalnya di hari Minggu pertama setiap bulannya, jadi jangan lupa check dulu ya, hal ini tentu sangat lumayan untuk membantu anda liburan murah ke eropa

sedikit berhemat.

  1. Beli Kartu SIM Lokal atau gunakan wifi gratis

Daripada bayar harga roaming, pertimbangkan untuk beli nomor lokal saja. Apalagi kalau anda ingin menggunakan handphone kapan saja. Pilihan lainnya, kalau anda tidak mau menghabiskan uang untuk membeli nomor lokal, gunakan saja WiFi gratis yang tersedia di banyak tempat di Eropa. Kebanyakan museum, perpustakaan serta restoran rantai seperti McDonalds dan Starbucks menyediakan WiFi gratis.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top